Berita Kabupaten Lembata

Ini Pesan Kani PPA Polres Lembata! Anak-anak Harus Selalu Jaga Diri

Anak-anak baik laki-laki maupun perempuan harus jaga diri. Tidak boleh melakukan tindakan yang melanggar hukum seperti meraba-raba anggota tubuh

Ini Pesan Kani PPA Polres Lembata! Anak-anak Harus Selalu Jaga Diri
pos kupang.com, frans krowin
SOSIALISASI -- Suasana sosialisasi UU PPA di SMP Negeri 2 Lewoleba, Senin (27/8/2018). 

Laporan Wartawan Pos Kupang.Com, Frans Krowin

POS KUPANG.COM, LEWOLEBA -- Anak-anak baik laki-laki maupun perempuan harus jaga diri baik-baik. Tidak boleh melakukan tindakan yang melanggar hukum seperti meraba-raba anggota tubuh lawan jenis atau pun tindak pidana lainnya.

Hal tersebut disampaikan Kanit PPA, Polres Lembata, Brigpol Rosnawati, saat melakukan sosialisasi Undang-Undang Perlindungan Perempuan dan Anak (UUPPA) di SMP Negeri 2 Lewoleba, Senin (27/8/2018).

Dikatakannya, siswa/siswi termasuk yang saat ini sedang bersekolah di SMP Negeri 2 Lewoleba, masuk dalam kategori anak-anak. Lantaran berstatus anak-anak, dibawah usia 18 tahun, maka bila menjadi korban dari sebuah tindakan pidana, maka kasus tersebut akan diproses sesuai aturan hukum yang berlaku.

Baca: Jalan Kabupaten Menuju Desa Pamburu Masih Sebagian Beralaskan Tanah

Itu dari aspek anak sebagai korban. Tapi jika anak sebagai pelaku dalam sebuah tindakan kejahatan, maka yang bersangkutan juga akan tetap diproses secara hukum. Apabila yang dilakukan adalah tindak pidana pencurian atau penganiayaan, maka oknum pelaku akan diproses sesuai aturan hukum pidana umum.

Akan tetapi jika anak-anak menjadi pelaku atas sebuah kasus asusila seperti pencabulan atau pemerkosaan, maka pelakunya tetap diproseshukumkan, tentunya sesuai dengan UU PPA.

"Saya harap siswa/siswi di SMP Negeri 2 Lewoleba ini tidak melakukan tindakan yang melanggar hukum. Untuk itu, kalian harus fokus belajar, konsentrasi sekolah sehingga bisa meraih cita-cita," ujar Rosnawati. (*)

Penulis: Frans Krowin
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help