Berita Kabupaten Lembata

Apa Hukuman Kalau Guru Hamili Siswa?

BERTANYA -- Cyntia saat mengajukan pertanyaan pada Sosialisasi UU PPA di SMP Negeri 2 Lewoleba, Senin (27/8/2018).

Apa Hukuman Kalau Guru Hamili Siswa?
pos kupang.com, frans krowin
Cyntia saat mengajukan pertanyaan pada Sosialisasi UU PPA di SMP Negeri 2 Lewoleba, Senin (27/8/2018). 

Laporan Wartawan Pos Kupang.Com, Frans Krowin

POS KUPANG.COM, LEWOLEBA -- "Ibu-ibu Polwan, saya mau tanya, apa hukumannya kalau seorang guru mencabuli atau menghamili siswa?"

Pertanyaan ini disampaikan Cyntia, siswi kelas VII SMP Negeri 2 Lewoleba saat sosialisasi Undang-Undang Perlindungan Perempuan dan Anak (UU PPA) oleh Polwan Polres Lembata di sekolah itu, Senin (27/8/2018).

Baca: Kementerian PUPR Terus Lanjutkan Penataan Kawasan Kebun Raya

Pertanyaan yang diajukan Cyntia itu merupakan satu dari sekian banyak pertanyaan yang diajukan para siswa saat mengikuti sosialisasi tersebut. Pertanyaan lainnya, adalah apa hukumannya kalau ada pria menghamili siswi tapi yang bersangkutan tak mau bertanggung jawab.

Baca: Ini Pesan Kani PPA Polres Lembata! Anak-anak Harus Selalu Jaga Diri

Pertanyaan Cyntia itu langsung dijawab Kanit PPA Polres Lembata, Brigpol Rosnawati. Dia menjelaskan, bila ada guru yang melakukan perbuatan mencabuli siswi atau pun menghamili anak didik, maka oknum guru tersebut akan diproseshukumkan sesuai aturan yang berlaku.

Oknum guru tersebut, katanya, akan dikenakan hukuman pidana 15 tahun penjara. Apalagi yang dicabuli atau dihamili tersebut, adalah anak yang masih berusia di bawah 18 tahun.

Begitu juga kalau ada pria dewasa menghamili anak di bawah umur dan oknum pria tersebut tak mau bertanggung jawab atas anak perempuan yang dihamilinya, maka oknum pria tersebut tetap diproses secara hukum sesuai aturan yang berlaku. Pria itu diancam dengan ancaman hukuman pidana 15 tahun penjara. (*)

Penulis: Frans Krowin
Editor: Ferry Ndoen
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved