Berita Gempa Lombok

Korban Gempa Lombok Mendapatkan Solidaritas di Austria

Duta Besar RI di Wina, Dr. Darmansjah Djumala mengatakan seluruh warga Indonesia di Austria merasa prihatin atas musibah gempa bumi di Lombok

Korban Gempa Lombok Mendapatkan Solidaritas di Austria
ANTARA FOTO/Zabur Karuru/wsj/18.
Seorang pengungsi korban gempa bumi mencuci pakaian mengunakan air dari parit di dekat tempat pengungsian di Desa Santong, Kayangan, Lombok Utara, NTB, Sabtu (11/8/2018). Sejumlah tempat pengungsian korban gempa bumi yang tersebar di berbagai wilayah di NTB membutuhkan perangkat sanitasi untuk mandi, cuci dan kakus. 

POS KUPANG.COM -  Duta Besar RI di Wina, Dr. Darmansjah Djumala mengatakan seluruh warga Indonesia di Austria  merasa prihatin atas musibah gempa bumi di Lombok dan beberapa daerah di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Hal itu diungkapkan Dubes Darmansjah Djumala pada acara pembukaan Pesta Rakyat dalam rangka perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-73, yang berlangsung di halaman Kedutaan Besar Republik Indonesia di Wina, Austria, Sabtu.

Baca: Melihat Terung Bara Besi Di Pape


 Minister Counsellor/Koordinator Fungsi Pensosbud KBRI Wina, Dewi Kejora kepada Antara London, Minggu menyebutkan pesta rakyat dihadiri ratusan warga masyarakat dan diaspora Indonesia di Austria dan warga Austria serta asing lainnya.

Walaupun rintik gerimis hujan membasahi halaman Kedutaan Besar Republik Indonesia di Wina, para pengunjung tetap antusias dan menikmati acara.

Lebih lanjut Dubes  mengatakan berbeda dengan penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya hasil penjualan kupon undian berhadiah kali ini disumbangkan untuk membantu mereka yang terkena musibah gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat, sebagai bagian dari ungkapan rasa solidaritas bagi saudara di NTB.

Pada Pesta Rakyat masyarakat dihibur dengan penampilan berbagai lagu pop Indonesia dan Barat, alunan musik gamelan, tari tradisional Indonesia, dan musik dangdut yang dibawakan masyarakat Indonesia dan diaspora Indonesia yang datang dari berbagai kota di Austria dan mengundang pengunjung berjoget.

Keanekaragaman budaya Indonesia tidak hanya muncul dalam panggung musik dan hiburan, namun juga dalam berbagai kuliner yang dijual dalam Pesta Rakyat.

Berbagai gerai menghadirkan makanan khas Indonesia seperti sate, bakso, bakwan malang, nasi padang, mie ayam hingga biji salak. Sajian makanan ini  diserbu pengunjung yang umumnya datang untuk mengobati rasa rindu terhadap Tanah Air dan bersilaturahim dengan sesama komunitas Indonesia di Austria. 

 Pesta Rakyat yang berlangsung dari pukul 10.00 hingga pukul 16.00 diramaikan dengan berbagai perlombaan untuk orang dewasa dan anak-anak seperti lomba tradisional makan kerupuk, lomba joget dangdut, lomba kelereng dan lomba poco-poco.

Acara ditutup dengan pengumuman pemenang undian utama tiket pesawat Wina-Jakarta PP.

 Pesta Rakyat merupakan bagian dari rangkaian acara Peringatan HUT RI ke-73 yang diselenggarakan oleh KBRI Wina dalam rangka pelaksanaan tugas Perwakilan RI di bidang pembinaan persatuan dan kesatuan masyarakat Indonesia.

Diharapkan kegiatan tersebut tidak hanya dapat menghibur namun juga menjadikan Perwakilan RI di Austria sebagai "rumah" bagi seluruh masyarakat Indonesia di Austria. (*)

Editor: Ferry Ndoen
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved