Berita Kota Kupang

KPID NTT Minta Literasi Medsos Harus Ditingkatkan

Dialog ini mengambil tema kerukunan umat beragama dengan sub tema merawat kerukunan umat beragama dengan media sosial.

KPID NTT Minta Literasi Medsos Harus Ditingkatkan
POS KUPANG/OBY LEWANMERU
Ketua KPID NTT, Eksi E Riwu menyampaikan materi pada acara dialog kerukunan umat beragama di Hotel Cahaya Bapa, Kota Kupang, Sabtu (25/8/2018).

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru

POS-KUPANG.COM|KUPANG-- Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi NTT meminta perlu adanya Literasi terhadap media sosial (medsos). Pasalnya, medsos belakangan ini sudah beralih fungsi.

Hal ini disampaikan Ketua KPID NTT, Eksi Edison Riwu ‎pada acara dialog kerukunan umat beragama.
Acara uang diugelar oleh Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) NTT di Hotel Cahaya Bapa, Jalan Herewila, Kota Kupang, Sabtu (25/8/2018).

Dialog ini mengambil tema kerukunan umat beragama dengan sub tema merawat kerukunan umat beragama dengan media sosial.

‎Menurut Riwu, medsos saat ini bisa menciptakan kerukunan dan juga bisa menghancurkan kerukunan, karena itu semua elemen masyarakat harus terus melakukan literasi terhadap medsos.‎

"Medsos ini adalah sebuah sarana komunikasi yang dapay menyajikan teks, video, gambar dan lain sebagainya. Medsos ini harus bisa digunakan secara baik agar tidak memberi dampak negatif," kata Riwu.

Dia mengakui, ada beberapa fungsi medsos secara ideal, yakni sebagai, sarana membangun komunikasi, jejaring, pendidikan, hiburan dan sosial . "Medsos sekarang sudah alih fungsi dan banyak dipakai sebagai kampanye politik, prostitusi, propoganda,hujatan dan ujaran kebencian," katanya.

Dikatakan, dengan kondisi itu, maka medsos ini ibarat hutan rimba yang di dalamnya terdapat banyak‎ jenis hewan.

‎"Karena itu, saya kira Literasi medsos ini penting sekali agar penggunaan medsos bisa kembali pada fungsi yang benar," ujarnya.(*)

Penulis: Oby Lewanmeru
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved