Berita Labuan Bajo

Pusat Bisnis Pariwisata Harus di Labuan Bajo! Jangan Tersebar ke Kawasan TNK

pusat bisnis pariwisata harus tetap di Labuan Bajo, jangan sampai mulai tersebar ke dalam kawasan Taman Nasional Komodo (TNK).

Pusat Bisnis Pariwisata Harus di Labuan Bajo! Jangan  Tersebar  ke Kawasan TNK
POS-KUPANG.COM/Servatinus Mammilianus
Sejumlah kapal wisata yang berlabuh di Pantai Labuan Bajo sering dipakai para wisatawan berkunjung ke Pulau Rinca. 

Laporan Reporter POS--KUPANG.COM Servatinus Mammilianus

POS--KUPANG.COM, LABUAN BAJO- Ahli hukum bisnis dari Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang, Piet Elias Jemadu, SH.M.Hum, menyampaikan bahwa pusat bisnis pariwisata harus tetap di Labuan Bajo, jangan sampai mulai tersebar ke dalam kawasan Taman Nasional Komodo (TNK).

Baca: Mau Jadi PNS Tanpa Tes Atau Lulus Sekolah Kedinasan, Gampang, Lakukan Ini Guys

Bila tersebar ke kawasan TNK kata dia, maka bisnis pariwisata cendrung dimonopoli oleh mereka yang bisnis di dalam kawasan itu.

Baca: Air Yang Meluap Di Pasar Wolowona Belum Bisa Teratasi Hingga Kini

Dengan demikian kata Piet, membuka peluang terjadinya persaingan bisnis pariwisata yang kurang sehat antara yang di Labuan Bajo dengan yang di dalam kawasan.

"Pusat bisnis pariwisata seperti hotel, restaurant, guide dan semuanya harus tetap berada di Labuan Bajo. Kalau diberi peluang untuk berbisnis pariwisata dalam kawasan maka cendrung monopoli," kata Piet kepada POS--KUPANG.COM, Jumat (24/8/2018).

Bisnis pariwisata dalam kawasan seperti hotel, restaurant atau yang lainnya kata dia, lebih banyak mendapat kemudahan karena berada langsung pada obyek kunjungan wisata sehingga cendrung lebih monopoli.

Bila terjadi persaingan kurang sehat kata dia maka suatu saat semuanya bisa hancur.
Menurut Piet, aturan sebaiknya tidak membolehkan bisnis pariwisata dibuka langsung dalam kawasan, terutama hotel, restaurant atau sejenisnya.(*)

Penulis: Servan Mammilianus
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved