Berita Larantuka

Kadis Pariwisata Flotim Yakinkan Desa Jangan Takut Kelola BUMDes

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Flores Timur Apolonia Corebima atau Nia Corebima membuka training bagi masyarakat Desa Wisata Lewokluok

Kadis Pariwisata Flotim Yakinkan Desa Jangan Takut Kelola BUMDes
POS-KUPANG.COM/FELIKS JANGGU
Kadis Pariwisata Flotim Apolonia Corebima (depan tiga dari kiri) di depan rumah adat pose bersama masyarakat Lewokluok Jumat (24/8/2018). 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Feliks Janggu

POS-KUPANG.COM | LARANTUKA - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Flores Timur Apolonia Corebima atau Nia Corebima membuka training bagi masyarakat Desa Wisata Lewokluok Kecamatan Demon Pagong Flotim Jumat (14/8/2018).

Para kepala desa dan pengelolah BUMDes dari desa lain di Kecamatan Demon Pagong, juga Komunitas Pariwisata Demon Pagong juga hadir.

Dinas Pariwisata bekerja sama dengan Smart Indana Parama Salatiga menghadirkan Profesor Intiyas Utami dan master trainer BUMDes Indonesia Rudy Suryanto.

Baca: Selamat Jalan Afni, Relawan Gempa Lombok yang Meninggal di Tengah Pengabdian

Kepada masyarakat Kadis Nia Corebima meyakinkan pengelolah BUMDes di desa agar tidak takut mengelolah keuangan BUMDes.

Nia Corebima mengatakan pemerintah melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa akan mendampingi BUMDes.

"Nanti pemerintah dampingi. Kalau berjalan sesuai aturan tidak akan ada masalah. Yang penting bisa dipertanggungjawabkan," kata Nia Corebima.

Harap Nia Corebima, BUMDes bisa memberdayakan masyarakat petani di desa dengan mengambil produk UKM dan memberi kemasan menarik untuk dipasarkan.

Misalnya produk kripik pisang yang lagi diminati sebagai jajanan, agar BUMDes bisa mengambil dari kelompok masyarakat dan memberinya kemasan menarik.

Jambu Mente sebagai produk unggulan bisa diolah dengan baik dengan mengadakan alat pengupas mente.

Nia Corebima juga meminta para kepala desa untuk membiasakan semua aktivitas di desa memanfaatkan pangan lokal. Demikian juga orang tua agar anak dibiasakan mengonsumsi jajanan lokal. (*)

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help