Berita NTT

Cakupan Imunisasi MR di NTT Berada Diurutan Kelima Secara Nasional

Pelaksanaan kampanye imunisasi Measles Rubella (MR) pada minggu ketiga di berbagai provinsi bertepatan dengan memperingati HUT ke 73

Cakupan Imunisasi MR di NTT Berada Diurutan Kelima Secara Nasional
pos kupang.com, tomy mbunga nulangi
Salah seorang siswi SMP tampak santai ketika disuntim oleh seorang petugas imunisasi MR.

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Tommy Mbenu Nulangi

POS-KUPANG.COM | KUPANG-Pelaksanaan kampanye imunisasi Measles Rubella (MR) pada minggu ketiga di berbagai provinsi bertepatan dengan memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke 73 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Sampai dengan minggu ketiga, Provinsi NTT telah berhasil mengimunisasi sebanyak 694.774 anak atau sekitar 39,85 persen dari total sasaran yang diproyeksi sebanyak 1.743.359 anak.

Berdasarkan Jurnal Mingguan Dinas Kesehatan Provinsi NTT yang diterima Pos Kupang, Kamis (22/8/2018) menuliskan, capaian sasaran yang diimunisasi telah melewati target provinsi maupun target nasional sampai dengan tanggal 19 Agustus 2018 sebesar 37 persen.

Jika dibandingkan dengan cakupan rata-rata secara nasional sebesar 27,91 persen, maka tentunnya cakupan di Provinsi NTT sudah jauh melampaui target secara nasional.

Namun, jika dibandingkan dengan target dibulan Agustus sebesar 65 persen, maka masih terdapat kekurang target sebesar 25,15 persen cakupan yang harus dikejar dalam 12 hari tersisa dibulan Agustus ini.

Berdasarkan data, cakupan Provinsi NTT ditingkat nasional berada di urutan kelima tertinggi dibawah Provinsi Papua Barat, Bali, Lampung dan Sulawesi Utara, sehingga cakupam naik satu peringkat jika dibandingkan dengan minggu kedua.

Tiga kabupaten dengan cakupan tertinggi di Provinsi NTT adalah Kabupaten Sabu Raijua sebesar 49,87 persen, Kabupaten Manggarai Timur sebesar 49,17 persen, dan Kabupaten Lembata sebesar 47,08 persen.

Sedangkan tiga kabupaten dengan cakupan terendah adalah Kabupaten Flores Timur sebesar 18,28 persen, Kabupaten Rote Ndao sebesar 26,77 persen, dan Kabupaten Ngada sebesar 27,86 persen.

Jika dibandingkan dengan rata-rata cakupan provinsi NTT, maka telah ada 14 kabupaten/kota dengan cakupan diatas target dari rata-rata provinsi sedangkan delapan lainnya masih dibawah target dari rata-rata provinsi NTT. (*

Penulis: Thomas Mbenu Nulangi
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help