Semarak HUT RI di Sabu Raijua, Rihi Heke: Mohon Maaf Masih Banyak yang Kurang

Drs. Nikodemus N Rihi Heke, M.Si, memimpin upacara Detik-detik Proklamasi tingkat Kabupaten Sabu Raijua, Jumat (17/8/2018)----

Semarak HUT RI di Sabu Raijua, Rihi Heke: Mohon Maaf Masih Banyak yang Kurang
DOK HUMAS SABU RAIJUA
TABUR BUNGA-Plt Bupati Sabu Raijua, Nikodemus Rihi Heke, menabur bunga di Dermaga Seba seusai memperingati Detik-detik Proklamasi, Jumat (17/8/2018). 

"Keberhasilan yang kita peroleh bukan karena hebatnya seseorang tetapi karena keberhasilan kolektif."

POS KUPANG.COM-Sabu Raijua cerah. Pagi itu, Jumat (17/8/2018), pukul 10.00 Wita, Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Sabu Raijua, Drs. Nikodemus N Rihi Heke, M.Si, memimpin upacara Detik-detik Proklamasi tingkat kabupaten setempat. Tak peduli terik menyengat, upacara berlangsung khidmat.

Upacara dihadiri pimpinan dan anggota DPRD, Kajari Sabu Raijua, Pejabat Sekretaris Daerah, para asisten dan pimpinan OPD, pimpinan instansi vertikal, pimpinan BUMN/BUMD.

Hadir juga pimpinan TNI/Polri, anggota TNI/Polri dan pensiunan, para ASN dan pensiunan ASN, Ketua Tim Penggerak PKK, Ketua Dharma Wanita Persatuan, Ketua Adhiyaksa Dharma Karini, ibu-ibu Bhayangkari, pimpinan parpol dan lembaga kemasyarakatan, para kepala sekolah dan guru, para siswa/siswi, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh perempuan, tokoh pemuda, LSM, insan pers dan seluruh masyarakat Sabu Raijua.

Dalam sambutannya, Nikodemus Rihi Heke mengatakan tepat 73 tahun yang lalu merupakan hari bersejarah bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia, yakni diproklamasikannya Kemerdekaan Republik Indonesia oleh Bung Karno dan Bung Hatta.

Proklamasi Kemerdekaan RI, dilukiskan Nikodemus Rihi Heke, sebagai peristiwa revolusioner. Pertama, Proklamasi menyudahi kolonialisasi yang membelenggu negeri selama ratusan tahun. Kedua, kemerdekaan itu adalah hasil perjuangan, bukan pemberian atau hadiah dari penjajah atau pihak lain.

Nikodemus menyebut tema Proklamasi Kemerdekaan tahun ini adalah "Kerja Kita Prestasi Bangsa." Diharapkan kepada seluruh masyarakat Indonesia dapat mewujudkan semangat kemerdekaan dengan terus kerja untuk meraih prestasi dalam membangun negara Indonesia ke arah yang lebih baik.

Demikian pun di Kabupaten Sabu Raijua melalui peringatan 73 tahun Kemerdekaan RI ini, "Bersama Kita Tingkatkan Kerja dan Prestasi Bangun Sabu Raijua."

"Kemiskinan, keterbelakangan, kualitas SDM yang rendah, ketidakadilan sosial, ekonomi dan politik, ketimpangan gender, terorisme dan sebagainya masih menjadi musuh bersama yang harus kita perangi. Kita harus bekerja keras meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan rakyat di daerah ini untuk mengembalikan harkat dan martabat kita sebagai bagian dari bangsa yang telah merdeka," ujar Nikodemus.

Pada momentum HUT Kemerdekaan ini dan periode kedua kepemimpinan bupati dan wakil bupati terpilih, Nikodemus mengajak warga Sabu Raijua untuk bermuhasabah (mengevaluasi diri terhadap kebaikan dan keburukan dalam semua aspek, refeleksi diri/bercermin), merekonstruksi mana hal-hal baik yang perlu kita pertahankan dan mana hal-hal yang harus segera dibenahi agar masyarakat di daerah ini menjadi masyarakat yang inovatif, maju dan bermartabat.

Halaman
1234
Editor: Benny Dasman
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved