Berita Kota Kupang

Masjid Da’arul Hijrah BTN Kolhua Distribusikan 70 Ekor Hewan Kurban

Masjid Da’arul Hijrah BTN Kolhua mendistribusikan 70 ekor hewan kurban pada Idhul Adha 1439 H. Hewan kurban terdiri 31 sapi dan 39 kambing

Masjid Da’arul Hijrah BTN Kolhua Distribusikan 70  Ekor Hewan Kurban
pos kupang.com, ryan nong
Suasana pemotongan dan pembagian hewan kurban di halaman Masjid Da'arul Hijrah BTN Kolhua Kecamatan Maulafa Kota Kupang, Kamis (22/8/2018) 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong

POS-KUPANG.COM | KUPANG – Masjid Da’arul Hijrah BTN Kolhua Kecamatan Maulafa Kota Kupang mendistribusikan 70 ekor hewan kurban pada hari Idhul Adha 1439 H yang dirayakan pada Rabu (22/8/2018). Hewan kurban itu terdiri dari 31 ekor sapi dan 39 ekor kambing yang dikurbankan oleh jamaah masjid itu dalam kurun waktu sebulan belakangan.

Ketua Panitia Idhul Adha 1439H Masjid Da’arul Hijarah, Rahmad Heri (45) kepada Pos Kupang di sela-sela kegiatan penyembelihan hewan kurban yang dilakukan di halaman masjid itu Rabu pagi mengatakan, panitia menerima sebanyak 70 hewan kurban yang dikurbankan oleh jamaah masjid baik secara perorangan maupun kelompok sejak dibuka pendaftaran kurban sebulan belakangan.  

Baca: 15 Ekor Hewan Kurban di Mesjid Nurussaadah Disembelih

“Sebanyak 70 ekor hewan yang diterima panitia, terdiri dari 31 ekor sapi dan 39 ekor kambing. Itu berasal dari jamaah baik secara perorangan maupun berkelompok,” ungkap Rahmad.

Lebih lanjut Rahmad menjelaskan, untuk hewan kambing dikurbankan oleh perorangan sedangkan untuk sapi berasal dari beberapa orang. Bahkan yang ikut berkurban di masjid ini, tidak hanya terbatas pada jamaah masjid namun ada juga jamaah yang sudah pindah dan berdomisili di Jawa pun ikut berkurban.

“Untuk sapi, satu ekor ditanggung oleh tujuh orang. Bahkan ada juga jemaah yang sudah pindah ke Jawa ikut memberikan kurban untuk masjid ini,” lanjutnya.

Rahmad menyebut, pendistribusian hewan dan daging kurban ini tidak hanya diperuntukkan bagi umat muslim semata melainkan juga untuk yang non muslim terutama para tetangga, kerabat dan warga yang berada di sekitar masjid Da’arul Hijarah BTN Kolhua. Pendistribusian ini dilakukan dalam dua bentuk yakni hewan kurban yang hidup dan daging kurban.

“Jadi distribusi ini dilakukan dalam bentuk hewan hidup dan juga dalam bentuk daging. Kita distribusi sebanyak 7 ekor sapi hidup  dan 2 ekor kambing,” katanya.  

Rahmad menambahkan, Panitia Idhul Adha 1439H Masjid Da’arul Hijarah mendistribusikan 7 ekor sapi kurban yang hidup dengan perincian, 2 ekor sapi ke Kabupaten Timor Tengah Selatan, 2 ekor sapi ke Kabupaten Kupang yakni ke Batakte dan Tablolong serta 3 ekor sapi didistribusikan untuk masjid di dalam Kota Kupang.

“Kalau untuk sapi yang hidup, termasuk satu ekornya kita distribusikan ke Panti asuhan Hidaytulah Batakte,” katanya.

Halaman
12
Penulis: Ryan Nong
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved