Berita Kabupaten TTS

Dinas Peternakan TTS Siagakan Empat Tim Medis Sukses Hari Raya Idul Kurban

Selanjutnya akan melakukan pemeriksaan kesehatan hewan di 7 titik yang melakukan pemotongan hewan kurban tahun ini.

Dinas Peternakan TTS Siagakan Empat Tim Medis Sukses Hari Raya Idul Kurban
POS KUPANG/DION KOTA
Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten TTS, Benyamin Billy 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Dion Kota

POS-KUPANG.COM|SOE -- Kepala Dinas Peternakan Kabupaten TTS, drh. Benyamin Billy mengatakan, untuk melakukan pemeriksaan hewan kurban pihaknya telah menyiapkan empat tim yang terdiri dari 22 orang para medis dan tenaga medis.

Empat tim ini selanjutnya akan melakukan pemeriksaan kesehatan hewan di 7 titik yang melakukan pemotongan hewan kurban tahun ini.

" Sudah ada surat permintaan pemeriksaan kesehatan hewan kurban, jadi kita langsung bentuk tim dan pagi ini sudah kita sebar ke tujuh titik yang melakukan pemotongan hewan kurban," ungkap drh. Benyamin kepada pos kupang, Rabu ( 22/8/2018) di Kota Soe.

Ketika disinggung terkait teknis pemeriksaan, drh. Benyamin menjelaskan, pihaknya akan melakukan dua kali pemeriksaan.

Sebelum hewan dipotong dan pemeriksaan kualitas daging pasca hewan dipotong. Pada pemeriksaan sebelum hewan dipotong, tim medis melihat fisik luar hewan, seperti ada tidaknya cacat pada tubuh, memiliki testis lengkap atau tidak, menunjukan gelajah sakit atau tidak dan melihat kondisi mata hewan normal atau tidak.

Sedangkan pemeriksaan setelah hewan kurban dipotong, tim medis melihat bagian hati, mengecek ada tidaknya investasi cacing, melihat kondisi paru-paru hewan dan memastikan warna daging hewan kurban berwarna kas daging sapi yaitu merah cerah.

" Kita prinsipnya membantu untuk memastikan jika hewan kurbannya aman, sehat, utuh dan halal (Asuh,red). Sehingga layak dan baik untuk dikonsumsi. Kita berharap hewan yang dipotong hari ini semuanya sehat sehingga bisa dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan," ujarnya. (*)

Penulis: Dion Kota
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help