Berita Kabupaten Kupang

Di Timor Ternyata Pernah Hidup Tikus Raksasa

Tikus raksasa bukan saja hanya hidup di Manggarai, tetapi pada 2.000 tahun lalu pernah hidup tikus raksasa di Fatukanutu, Kecamatan Amabi Oefeto

Di Timor Ternyata Pernah Hidup Tikus Raksasa
POS-KUPANG.COM/Edi Hayong
Bukti rahang dan gigi tikus raksasa di Fatukanutu, Rabu (22/8/2018). 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Edi Hayong

POS-KUPANG.COM | RAKNAMO - Tikus raksasa bukan saja hanya hidup di Manggarai, Flores, tetapi pada 2.000 tahun lalu pernah hidup tikus raksasa di Fatukanutu, Kecamatan Amabi Oefeto, Kabupaten Kupang.

Tim peneliti dari Universitas Wolonggong Australia bekerjasama dengan Pusat Penelitian dan Arkeologi Nasional juga Dinas Kebudayaan NTT menemukan buktinya.

Peneliti dari Universitas Wolonggong Australia, Dr. Thomas Sutikno kepada POS- KUPANG.COM, Rabu (22/8/2018) mengatakan, hasil temuan mereka di Pulau Timor tepatnya di Fatukanutu ini ternyata menyimpan banyak peninggalan bersejarah.

Baca: Inilah Total Hewan Kurban di Kota Kupang

Selain ditemukan tulang manusia zaman neolitik tetapi ditemukan juga tulang gigi dan rahang tikus raksasa. Pada 2000 tahun lalu di Fatukanutu pernah hidup makluk langka ini.

"Di Gua Fatukanutu ini pertama kali kami temukan tulang rahang dan gigi tikus yang masih utuh. Usianya sekitar 2000 tahun. Jadi tidak hanya di Manggarai yang masih hidup sanpai sekarang tapi di Fatukanutu juga pernah ada. Cuma masih hidup atau tidak kita belum tahu," jelasnya.

Menurutnya, spesies jenis ini sangat berbeda dengan daerah lainnya. Ukuran berat tikus raksasa ini antara 2,5 - 3 kilogram dengan panjang 60 centimeter," katanya. (*)

Penulis: Edy Hayong
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help