Berita Kabupaten TTU

Mayoritas Penghuni Rutan Kefamenanu Tersandung Kasus Pelecehan Seksual

Dari total 115 warga binaan, 54 warga binaan atau 49 persennya merupakan napi kasus pelecehan seksual terhadap anak di bawah umur.

Mayoritas Penghuni Rutan Kefamenanu Tersandung Kasus Pelecehan Seksual
ISTIMEWA
Kepala Rutan Kelas II B Kefamenanu, Untung Cahyo

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Dion Kota 

POS-KUPANG.COM|KEFA –- Mayoritas warga binaan yang menghuni rumah tahanan (Rutan) Kelas II B Kefamenanu, Kabupaten TTU merupakan narapidana kasus pelecehan seksual terhadap anak di bawah umur. '

Dari total 115 warga binaan, 54 warga binaan atau 49 persennya merupakan napi kasus pelecehan seksual terhadap anak di bawah umur.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Rutan Kelas II B Kefamenanu, Untung Cahyo kepada pos kupang. COM, Selasa (21/8/2018) di ruang kerjanya. Cahyo mengatakan, para narapidana kasus pelecehan seksual anak di bawah umur dihukum dengan hukuman bervariasi, mulai dari 10 hingga 20 tahun kurungan penjara.

Untuk itu, selama berada di dalam Rutan, para warga binaan lebih banyak mendapatkan pendampingan spiritual agar para narapidana bina berbenah diri mulai dari hati. Dalam melaksanakan kegiatan ini, pihak Rutan Kelas II B Kefamenanu bekerja sama dengan kementerian Agama. 

" Mayoritas penghuni kita merupakan narapidana kasus pelecehan seksual anak di bawah umur. Di sini kita melakukan pendampingan spiritual agar para warga binaan menyadari betul jika perbuatan mereka salah dan harus diperbaiki. Hal ini juga dimaksudkan untuk menyiapkan mental mereka agar siap kembali ke masyarakat jika telah selesai menjalani masa hukumannya," ungkap Cahyo. 

Selain diberikan pendampingan spiritual lanjut Cahyo, para warga binaan juga diberikan keterampilan sesuai bakat mereka. ‎Cahyo mengaku, para warga binaan ternyata memiliki keterampilan yang baik, namun karena tidak ada yang mendampingi dan mengarahkan sehingga keterampilan tersebut belum mampu dimaksimal.

Terkait jumlah penghuni Rutan, Cahyo mengatakan, saat ini sudah over kapasitas. Dimana Rutan Kelas II B Kefamenanu hanya berkapasitas 94 warga binaan, namun saat ini jumlah warga binaan sudah mencapai 115 warga binaan. 

" Memang ada over kapasitas sekitar 10 persen, tetapi itu masih aman. Kita berharap, ke depan jumlah ini bisa segera berkurang," pungkasnya. (*)

Penulis: Dion Kota
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help