Berita Nasional

Ini Penyebab Sebagian Warga Enggan Membeli Sapi di Jalanan

Warga Kelurahan Cipulir, Kecamatan Kebayoran Lama kini enggan membeli hewan kurban sapi di pedagang hewan jalanan, di tengah kekhawatiran penjualan

Ini Penyebab Sebagian Warga Enggan Membeli Sapi di Jalanan
(ANTARA FOTO/Galih Pradipta)
Umat Muslim melaksanakan salat Id di Masjid Agung Al-Azhar, Jakarta, Selasa (21/8/2018). Masjid Agung Al Azhar menggelar salat Idul Adha 1439 Hijriah pada hari ini merujuk pada pelaksanaan puncak ibadah haji atau wukuf di Arafah yang dilaksanakan pada Senin (20/8/2018) atau 9 Dzulhijah 1439 Hjiriah. 

POS KUPANG.COM -  Warga Kelurahan Cipulir, Kecamatan Kebayoran Lama kini enggan membeli hewan kurban sapi di pedagang hewan jalanan, di tengah kekhawatiran penjualan hewan kurban yang seringkali ditemukan berpenyakit.

Ditemui Antara setelah selesai shalat Idul Adha pada Selasa di Masjid Al-Muhajirin, Jalan Paninggaran Timur 1 RT 002/06 Kelurahan Cipulir, Kecamatan Kebayoran Lama Jakarta Selatan, salah satu panitia kurban bernama Hassanudin mengatakan membeli empat sapi kurban di lokasi pejagalan hewan. Hal itu berangkat dari pengalaman buruknya saat membeli sapi kurban pada Idul Adha 2017 silam.

Baca: Tiga Rumah Warga di Tenda, Ruteng Terbakar


Sebagai panitia pengurus kurban, Hassanudin bertugas menerima amanah sejumlah warga yang menitipkan uangnya untuk dibelikan sapi. Oleh karena tergesa-gesa saat membeli, dia memilih membeli sapi di pinggir jalan. Namun, saat akan disembelih, tim kesehatan hewan kurban menemukan sapi-sapi tersebut dalam keadaan sakit perut. Ketika disembelih, darahnya menghitam dan tidak deras. 

"Dari pada membatalkan keafdholan berkurban, sekarang kami beli sapi di Kampung Sawah, Ciputat. Dekat tempat penjagalan dan ada tim kesehatan yang memastikan sapinya sehat dan makanannya baik," ujar Hassanudin.
Sementara untuk 15 kambing kurban di masjidnya, Hassanudin memperkirakan beberapa warga jamaahnya membeli di pedagang hewan kurban jalanan.

Ditemui pada kesempatan yang sama, tim Suku Dinas KPKP Jakarta Selatan berkunjung untuk memantau kesehatan hewan kurban di Masjid Al-Muhajirin sebelum disembelih pada Rabu (22/8).

"Kami mengecek hewan-hewan ini sebelum disembelih, dan semuanya dalam keadaan sehat dan layak menjadi hewan kurban. Selain itu, saat penyembelihan nanti kami akan memantau cara pemotongan, kondisi daging dan hati yang dikhawatirkan mengandung cacing, serta cara pencacahan daging," ujar Kepala Satuan Pelaksana Suku Dinas KPKP Kecamatan Kebayoran Lama Yosiah Anis. *)

Tags
Idul Adha
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Antara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved