Berita Kabupaten Belu

Demi Melihat Patok Batas Negara Mahasiswa Nekat Naik Turun Gunung Bersama TNI

Mahasiswa Undana Kupang yang sedang melaksanakan KKN di Kabupaten Belu ingin menyaksikan bagimana kegiatan patroli batas

Demi Melihat Patok Batas Negara Mahasiswa Nekat Naik Turun Gunung Bersama TNI
POS KUPANG/TENY JENAHAS
TNI dan mahasiswa KKN dari Undana saat melaksanakan patroli patok.

Laporan Reporter POS KUPANG.COM,Teni Jenahas

POS -KUPANG.COM|ATAMBUA--Mahasiswa Undana Kupang yang sedang melaksanakan KKN di Kabupaten Belu ingin menyaksikan bagimana kegiatan patroli batas yang biasa dilakukan TNI.

Mereka nekad naik dan turun gunung, melewati daerah terjal, hutan, semak belukar dan melewati sungai.

Danpos Salore Lettu (Inf) Harsono kepada Pos Kupang.Com, Selasa (21/8/2018) mengatakan, ada 15 mahasiswa KKN yamg terdiri dari tujuh laki-laki dan delapan perempuan ingin menyaksikan kegiatan patroli batas yang biasa dilakukan TNI. Mereka juga ingin melihat patok batas negara meski berjalan di medan yang berat.

Ketika anggota Satgas Pos Salore melakukan patroli, para mahasiswa ingin mengikutinya sehingga semua mahasiswa berkumpul di Pos Salore Senin (20/8/2018) pukul 14. Wita. Patroli patok dilakukan enam anggota TNI yang dipimpin Wadanpos, Serda Rifaldi serta diikuti mahasiswa.

Dalam kegiatan patroli tersebut, mahasiswa diberi sepatu PDL, rompi baja dan helm tempur. Rute patroli di sektor kanan yang ditempuh dalam beberapa jam. Medan jalan cukup menantang karena harus melewati gunung, lembah, semak belukar dan sungai.

Mahasiswa KKN dari Fakultas Sain Teknik, Fatima Guiriani Metom, mengaku senang karena bisa ikut patroli bersama TNI. Kegiatan patroli cukup menyenangkan dan menjadi pengalaman berharga buat mereka sebagai mhasiswa.
Meski mereka merasa sangat lelah namun ada kepuasan batin karena bisa melihat patok batas.

Hal berkesan lainnya adalah mahasiswa bisa menggunakan sepatu PDL, Rompi anti peluru, dan helem anti peluru meski hanya sesaat. Terkadang mereka mencoba membawa senjata, namun senjatanya cukup berat sehingga tidak mampu.

Menurut Fatima, dari pengalaman yang didapatnya saat itu bisa dikatakan bahwa tugas TNI tidaklah mudah. TNI butuh fisik yang kuat agar dalam menjalankan tugas tetap lancar.

Danpos Salore Lettu (Inf) Harsono mengatakan kegiatan patroli adalah tugas pokok TNI yang bertugas sebagai Satgas Pamtas. Patroli bertujuan untuk memastikan BSP maupun pilar tidak bergeser sedikitpun dan kondisi tetap baik.

Selain itu, patroli juga bertujuan untuk mencegah terjadinya penyelundupan, pelintas batas ilegal dan human trafficking. (*)

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help