Berita Kabupaten Flores Timur

Agus Boli Selesaikan Sengketa Tanah Adat pada Bangunan Tower XL di Desa Lewogeka

Sengketa tanah adat di atas bangunan Tower XL di Desa Lewogeka Senin (20/8/2018) dengan menggunakan pendekatan hukum adat Lamaholot.

Agus Boli Selesaikan Sengketa Tanah Adat pada Bangunan Tower XL di Desa Lewogeka
ISTIMEWA
Wakil Bupati Flores Timur Agustinus Payong Boli pose bersama masyarakat adat Lewogeka Solor Timur Senin (20/8/2018).

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Feliks Janggu

POS-KUPANG.COM|LARANTUKA-- Ali Jufri, Ketua Aliansi Masyarakat Adat (AMA) Desa Lewogeka Solor Timur Flores Timur menyampaikan terimakasih kepada Wakil Bupati Flores Timur Agustinus Payong Boli atau Agus Boli.

Agus Boli telah menyelesaikan sengketa tanah adat di atas bangunan Tower XL di Desa Lewogeka Senin (20/8/2018) dengan menggunakan pendekatan hukum adat Lamaholot.

Ali Jufri kepada POS-KUPANG.COM Selasa (21/8/2018) mengatakan sangat mengapresiasi pendekatan Agus Boli menyelesaikan masalah yang muncul sejak tahun 2017 itu.

"Pak wakil meski tidak ada agenda ke sini tapi menyempatkan bertemu tetua adat dan warga msyarakat di Kantor desa Lewogeka," kata Jufri.

Agenda pertemuan yang tak terduga itu yakni menyelesaikan sengketa tanah adat di wilayah desa Lewogeka dengan menggunakan hukum adat dan pendekatan Budaya Lamaholot.

Wabup Agus Boli didampingi camat solor Timur Muhammad Zulkarnain. Tetua adat dan masyarakat semua ikut terlibat.

Hasil mediasi tersebut, kata Jufri bahwa kuasa kontrak dan uang sirih pinang untuk tahap kedua pada 2022 dari XL akan diterima oleh tetua adat dan masyarakat Lewogeka.

Harap Jufri dengan penyelesaian secara adat itu dan kekeluargaan itu bisa mengakiri polemik di lokasi tower telkomsel itu.(*)

 

Penulis: Felix Janggu
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved