Berita Provinsi NTT

Robert Totah Ingin Pasarkan Produk Kelor NTT ke Afrika Selatan

Nama Robert Totah bukanlah sembarang nama. Ia adalah executive advisor to the board (penasehat eksekutif) dari perusahaan ekspor impor pertanian

Robert Totah Ingin Pasarkan Produk Kelor NTT ke Afrika Selatan
POS-KUPANG.COM/RYAN NONG
Robert Totah, Executive Advisor Universal Foods di Stand Moringa Organik Indonesia Pameran Pembagunan Provinsi NTT 2018, pada Minggu (19/8/2018) petang. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Nama Robert Totah bukanlah sembarang nama. Ia adalah executive advisor to the board (penasehat eksekutif) dari perusahaan ekspor impor pertanian ternama, Universal Foods yang berkantor pusat di Payer Lebar Square Singapura.

Perusahaannya, Universal Foods pun telah tiga generasi menangani ekspor-impor dalam bidang agribisnis organik baik dari dan ke Indonesia maupun Internasional.

Untuk Indonesia, perusahaannya pun telah menjadi pemain dalam bidang ekspor bahan hasil pertanian ke sejumlah negara termasuk ke Afrika Selatan.

Baca: KPU Belu Gelar Pleno Data Pemilih Sementara Hasil Perbaikan Terakhir

Robert dan perusahaannya saat ini sedang menjajal kemungkinan melakukan kerjasama ekspor produk kelor atau yang dikenal dengan Moringa ke Negara Afrfika Selatan.

Menurutnya, ia memilih untuk bergerak di bidang ekspor hasil pertanian termasuk mengekspor produk kelor karena ia meyakini bahwa Indonesia dan NTT khususnya memiliki kekuatan yang terletak pada produk pertanian.

"Indonesia adalah magic contry, saya percaya Indonesia dan NTT kekuatannya terletak di agricultur, sehingga saya pilih untuk ekspor," ungkapnya kepada POS-KUPANG.COM di Stand Sentra Kelor - Moringa Organik Indonesia (MOI) Pameran Pembangunan Pemeritah Provinsi NTT tahun 2018, Minggu (19/8/2018) petang.

Menurutnnya kualitas kelor endemic NTT yang bagus dan bermutu tinggi menjadi garansi keberhasilan ekspor yang akan dilakukannya ke Negara tujuan ekspor.

Dari tanaman kelor yang diusahakan dapat menghasilkan lebih dari 200 macam produk kelor, yaitu sebagai sebagai makanan dan minuman, makanan ternak, pupuk hidroponik, kosmetik, serta sebagai sumber energy terbarukan.

"Kelor dapat diproduksi menjadi 200 macam produk. Moringa sebagai makanan dan minuman, makan ternak, pupuk hidroponik, kosmetik, sumber eneegi terbarukan. Untuk NTT akan focus pada makanan-minuman, kosmetik serta pakan ternak," ungkapnya.

Halaman
12
Penulis: Ryan Nong
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved