Berita Kabupaten Malaka

Petugas Medis RSPP Betun Dilatih Evakuasi Pasien Saat Terjadi Kebakaran

Petugas medis di RSP Betun, Kabupaten Malaka dilatih tentang penanggulangan bahaya kebakaran dan tehnik evakuasi pasien

Petugas Medis RSPP Betun Dilatih Evakuasi Pasien Saat Terjadi Kebakaran
POS KUPANG/TENY JENAHAS
Petugas pemadam kebakaran dari Dinas Pemadaman Kebakaran Kota Kupang saat memberikan pelatihan kepada petugas medis RSPP Betun, Kabupaten Malaka tentang teknik penanggulangan bahaya kebakaran dan tehnik evakuasi pasien, Senin (20/8/2018). 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM,Teni Jenahas

POS- KUPANG.COM|BETUN---Petugas medis di Rumah Sakit Penyangga Perbatasan (RSPP) Betun, Kabupaten Malaka dilatih tentang penanggulangan bahaya kebakaran dan tehnik evakuasi pasien.

Latihan teknik evakuasi dan penyelamatan pasien ini dilakukan oleh petugas dari Dinas Pemadaman Kebakaran Kota Kupang. Simulasi dilakukan di RSPP Betun selama dua hari terhitung, Senin (20/8/2018).

Direktur RSPP Betun, dr Oktelin Kaswadie kepada wartawan mengatakan, pelatihan Simulasi Penanggulangan Bahaya Kebakaran dan Tehnik Evakuasi Pasien merupakan salah satu syarat untuk mendapatkan akreditasi rumah sakit. Untuk itu, RSPP Betun bekerja sama dengan Dinas Damkar Kota Kupang melakukan simulasi dan pelatihan. Setelah pelatihan tersebut RSPP Betun akan mendapatkan sertifikasi dari Pemerintah Provinsi NTT

Menurut Oktelin untuk mendapat akreditasi, manajemen harus memenuhi sejumlah persyaratan salah satunya petugas medis di RSPP Betun pernah mendapat pelatihan penananggulangan
bahaya kebakaran dan tehnik evakuasi pasien.

Kepala Bidang Pencegahan dan Peningkatan Kapasitas Sumberdaya Manusia pada Dinas Pemadaman Kebakaran Kota Kupang, Heri da Kosta kepada wartawan menjelaskan, tim simulasi sebanyak sembilan orang. Mereka melatih teknik penanggulangan bahaya kebakaran dan teknik evakuasi kepada petugas medis di RSPP Betun.

Simulasi ini menggunakan peralatan pemadaman api ringan milik RSPP Betun. Di hari pertama, petugas sudah memberikan pelatihan tentang teknik mengatasi api menggunakan alat pemadam kebakaran. Hari kedua melatih petugas tentang teknik mengevakuasi pasien. (*)

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help