Berita Kabupaten Lembata

KPU Lembata Tetapkan DPT ! Ingat Jangan Disimpan di Lemari

PUD Lembata telah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pileg yang akan berlangsung 2019. Di Lembata, tercatat 78.322 pemilih mengikuti pileg

KPU Lembata Tetapkan DPT ! Ingat Jangan Disimpan di Lemari
pos kupang.com, frans krowin
POS KUPANG.COM/FRANS KROWIN SERAHKAN DPT -- Suasana penyerahan DPT Pileg 2019 di Aula KPUD Kabupaten Lembata, Senin (20/8/2018) sore. 

Laporan Wartawan Pos-Kupang.Com, Frans Krowin

POS KUPANG.COM, LEWOLEBA -- KPUD Lembata telah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) yang akan berlangsung tahun 2019 mendatang. Di Kabupaten Lembata, tercatat 78.322 pemilih yang akan mengikuti pemilu legislatif tahun depan.

Terhadap DPT tersebut, Ketua KPUD Lembata, Petrus Payong Pati mengatakan DPT yang telah ditetapkan dan diserahkan ke setiap partai politik itu, hendaknya diumumkan juga secara terbuka kepada seluruh masyarakat. Bukan sebaliknya hanya disimpan di sekretariat partai masing-masing

Baca: 2 Kali Diperkosa Pemilik Kamar Kos, Siswi SMA Lapor ke Polisi

"DPT yang telah ditetapkan ini jangan hanya disimpan di dalam lemari. Jangan hanya disimpan di sekretariat partai. DPT itu harus diumumkan kepada publik. Sebab tanggung jawab atas pelaksanaan pemilu itu bukan hanya pada lembaga penyelenggara pemilihan umum tetapi semua pihak termasuk partai politik," ujar Payong Pati.

Lantaran pengumuman DPT itu menjadi tanggung jawab bersama, lanjut Payong Pati, maka partai politik juga harus melakukan itu demi kepentingan bersama. Makin rajin parpol mengumumkan DPT kepada publik, makin baik pula hasil yang akan dinikmati partai politik.

Pasalnya, lanjut dia, masyarakat akan selalu diingatkan untuk mengikuti pemilihan umum lima tahunan yang akan dilaksanakan tahun 2019 mendatang. Pada saat itu masyarakat tentunya diharapkan untuk terlibat aktif dalam memberikan hak suaranya kepada para figur yang akan duduk sebagai wakil rakyat di lembaga legislatif.

Saat ini, lanjut dia, KPU memang telah menetapkan jumlah DPT di Lembata. Tapi ini bukan akhir dari proses pemutakhiran data pemilih di daerah itu. Masih ada tahap berikutnya, yakni penyempurnaan DPT. Untuk itu setiap parpol diharapkan perannya dalam tahapan tersebut. (*)

Penulis: Frans Krowin
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved