Berita Pendidikan

Gelar Aneka Lomba, SD Pelangi Kupang Bangkitkan Nasionalisme Siswa

Kegiatan perlombaan dilakukan untuk membentuk dan membangkitkan rasa nasionalisme siswa di sekolah tersebut.

Gelar Aneka Lomba, SD Pelangi Kupang Bangkitkan Nasionalisme Siswa
Thomas Mbenu Nulangi

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Tommy Mbenu Nulangi

POS-KUPANG.COM|KUPANG - Sekolah Dasar (SD) Pelangi Kupang menggelar aneka kegiatan menyongsong Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Kemerdekaan RI di sekolah itu, Senin (13/8/2018).

Kegiatan perlombaan dilakukan untuk membentuk dan membangkitkan rasa nasionalisme siswa di sekolah tersebut.

SD Pelangi yang beralamat di Kelurahan Manulai 2, Kecamatan Alak, Kota Kupang menggelar berbagai perlombaan yakni cerdas cermat untuk kelas lima dan enam, lomba membaca Teks Proklamasi untuk siswa kelas tiga dan empat dan lomba mewarnai untuk anak-anak kelas satu dan dua.

Baca: Kejadian Kebakaran di Kawasan Hutan Lindung Sumba Hanya Dibawa 50 Hektar

Kepala SD Pelangi, Alyse CH Bulan, S.Pd, menjelaskan perlombaan dilaksanakan sejak tanggal 13-14 Agustus 2018 dan pada tanggal 15-16 Agustus 2018, guru-guru melaksanakan kegiatan penyusunan kurikulum tingkat satuan pendidikan. Walaupun libur para guru dan kepala sekolah tetap masuk untuk menyusun kurikulum.

Alyse mengatakan, hari pertama, kegiatan lomba difokuskan kepada tes kemampuan para siswa dan siswi. Hari kedua, tambah Alyse, kegiatan dilanjutkan dengan perlombaan ekstra sesuai dengan tingkatan kemampuan siswa.

"Kami juga melakukan kegiatan perlombaan fisik seperti lomba gigit sendok, makan kerupuk, lomba lari karung dan lain sebagainya, " tambah Alyse.

Menurutnya, kegiatan perlombaan dilakukan setiap tahun menyongsong HUT Kemerdekaan RI sejak sekolah tersebut hadir di Kota Kupang. Sehingga ada kegiatan positif yang dilakukan para siswa.

Baca: Kita Indonesia, Kita NKRI, Merdeka

Alyse mengatakan, kegiatan perlombaan yang diadakan oleh SD Pelangi bertujuan meningkatkan nasionalisme siswa terhadap pada bangsa dan negara saat ini.

"Jika dahulu para pahlawan memperjuangkan kemerdekaan dengan berdarah-darah melawan penjajahan dari luar, saat ini sebagai generasi muda harus dapat mengisi kemerdekaan dengan kegiatan positif seperti perlombaa-perlomaban.

Hal itu dapat meningkatkan rasa nasionalisme siswa terhadap bangsa dan negara," ungkapnya. (*)

Penulis: Thomas Mbenu Nulangi
Editor: Apolonia Matilde
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help