Berita Kabupaten Nagekeo

FOPPMAPOR Kupang Gelar Aneka Kegiatan Meriahkan HUT RI K-73

Pada tahun ini diisi ada dua kegiatan inti yang diselenggarakan yakni Pekan Olahraga Foppmapor Cup II 2018 dan Lomba Pementasan Seni dan Budaya.

FOPPMAPOR Kupang Gelar Aneka Kegiatan Meriahkan HUT RI K-73
POS KUPANG/GORDI DONOFAN
Suasana memeriahkan HUT RI ke 73 di Desa Pong Ruan Kecamatan Kota Komba Kabupaten Manggarai Timur, Senin (20/8/2018).

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Gordi Donofan

POS-KUPANG.COM | KUPANG --FOPPMAPOR ( Forum Pemuda Pelajar Mahasiswa Pong Ruan) Kupang untuk kedua kalinya mengadakan pergelaran semarak dalam menyambut HUT RI ke- 73 di desa Pong Ruan setelah tahun sebelumnya pernah melakukan kegiatan yang sama.

Pada tahun ini diisi ada dua kegiatan inti yang diselenggarakan yakni Pekan Olahraga Foppmapor Cup II 2018 dan Lomba Pementasan Seni dan Budaya.

Pada kegiatan Pekan olahraga terdapat aneka kegiatan yang diperlombakan yakni sepak bola, bola voli, balap karung, makan kerupuk dan cerdas cermat.

Sedangkan pada pementasan seni dan budaya, kegiatan yang diperlombakan yakni tarian kreasi, vokal solo dan kepok adat. Kegiatan ini diselenggarakan selama satu pekan yang mulai dilaksanakan pada Jumaat ( 17/8/2017) sampai Jumat (24/8/2018) yang bertempat di desa Pong Ruan, Kecamatan Kota Komba, kabupaten Manggarai Timur.

Ketua panitia, Emialianus K. Mei menyampaikan maksud dilaksanakannya kegiatan ini yakni sebagai ungkap rasa syukur kepada Tuhan yang Maha Esa atas HUT RI yang ke- 73.

"Sebagai sebagai generasi baru yang lahir di atas bumi pertiwi ini maka tak semestinya kita menutup mata untuk mengenang kembali hari yang penuh bersejarah tersebut. Sudah sepatutnya sebagai generasi bangsa kita wajib mengucap syukur kepada Tuhan atas perjuangan dari pahlawan yang rela berkorban demi merebut kemerdekaan dari tangan kolonial" tutur Emilianus, seperti yang dikutip dalam siaran pers yang diterima POS KUPANG.COM, Senin (20/8/2018).

Emilianus mengatakan tujuan yang ingin dicapai dengan terlaksananya kegiatan ini yakni untuk mempererat tali silaturahmi antar sesama warga, meningkatkan semangat juang dalam meraih prestasi diantara anak-anak dan memupuk jiwa sportifitas.

Ketua umum Foppmapor Kupang, Thadeus Edison Putra, mengatakan kegiatan ini adalah suatu bentuk usaha generasi baru bangsa dalam mengisi kemerdekaan dengan spirit yang baru.

" Kita perlu melanjutkan perjuangan para pahlawan dengan mengisi kemerdekaan itu dengan semangat yang baru demi terciptanya Indonseia yang cerdas, kuat dan berdaya saing. Untuk itu Foppmapor hadir di tengah masyarakat Pong Ruan bahwa momen 17 Agustus perlu diisi dengan kegiatan yang bisa mengolah keterampilan fisik dan akal dengan baik", ujar Thadeus.

France Tarung sebagai perwakilan tokoh masyarakat menyampaikan bahwa kegiatan ini didukung penuh oleh masyarakat. Sebab melalui kegiatan ini kedekatan emosional mahasiswa dan masyarakat dapat tercipta.

"Melalui kegiatan seperti ini mahasiswa dapat berdialog serta membangun komunikasi secara langsung dengan masyarakat. Sehingga secara tidak sadar kedekatan emosional bisa dibangun. Selain kedekatan emosional tersebut, mahasiswa serta generasi baru di desa ini bisa melatih diri untuk bisa menjadi pemimpin kedepannya", ujar France.

Pada kegiatan ini, untuk diketahui pemerintah desa setempat tidak terlibat langsung dengan alasan kesibukan.

Meskipun demikian, generasi baru Pong Ruan yang terbagi dalam kelompok pemuda, pelajar dan mahasiswa tetap semangat dan antusias dalam menyelenggarkan kegiatan tersebut.

Sebelum rangkaian kegiatan dibuka secara resmi, mahasiswa dan warga melaksanakan apel bersama di lapangan sepak bola SDI Wae Tuan, Pong Ruan.(*)

Penulis: Gordi Donofan
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved