2018 Asian Games

Wakapolri Baru Harus Mendukung Terciptanya Keamanan Asian Games

Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan menilai Wakil Kapolri yang baru Komjen Pol Ari Dono harus mendukung kinerja Kepolisian terciptanya keamanan

Wakapolri Baru Harus Mendukung Terciptanya Keamanan Asian Games
(ANTARA /Puspa Perwitasari )
Taufik Kurniawan 

POS KUPANG.COM -  Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan menilai Wakil Kapolri yang baru Komjen Pol Ari Dono harus mendukung kinerja Kepolisian terciptanya keamanan dalam ajang Asian Games 2018.

"Langkah pertama yang harus dihadapi Wakapolri baru khususnya, dan Polri pada umumnya adalah Asian Games yang dibuka malam ini. Polri juga berperan untuk menciptakan suasana aman dan terkendali," kata Taufik dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Sabtu.

Baca: Lagi, Dua Gempa Guncang Lombok, Bermagnitudo 5,4 dan 6,5 SR


Hal itu dikatakannya terkait rotasi jabatan yang dilakukan di internal Polri yaitu Komjen Pol Ari Dono dilantik menjadi Wakapolri menggantikan Komjen Pol Syafruddin yang diangkat menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Dan Irjen Arief Sulistyanto dilantik sebagai Kepala Badan Reserse dan Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri menggantikan Komjen Pol Ari Dono. 

Menurut Taufik, apabila dari sisi keamanan sudah dipastikan, maka itu menjadi dukungan nyata pada penyelenggaraan Asian Games 2018.

Taufik menilai suasana aman dan kondusif selama Asian Games, dengan adanya dukungan dari Polri, bisa membuktikan kepada seluruh negara bahkan dunia, bahwa Indonesia aman dan mampu mengadakan even internasional.

Selain itu dia berharap Wakapolri dan Kabareskrim yang baru dapat mendukung kinerja Kapolri apalagi tahun ini dan tahun mendatang dikatakan sebagai tahun politik.

"Tahun depan kita menghadapi Pemilu 2019, yaitu Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif diadakan secara serentak. Keamanan dan suasana kondusif harus diciptakan oleh Polri, termasuk netralitas, juga harus diutamakan," ujarnya.

Sementara itu Taufik menilai untuk Arief Sulistyanto yang dilantik sebagai Kabareskrim, diharapkan dapat menegakkan hukum secara proporsional dengan memberlakukan semua orang sama di depan hukum. 

Dia pun mendorong berbagai kasus yang tertunda penyelesaiannya, dapat segera dituntaskan.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian melantik Komjen Pol Ari Dono sebagai Wakapolri dan Komjen Pol Arief Sulistyanto sebagai Kabareskrim pada Jumat (17/8).

Dia mengatakan pemilihan Ari Dono sebagai Wakapolri sudah diperhitungkan dengan matang dan dirinya sudah mengkonsultasikan dengan Presiden Jokowi.

Tito menilai Ari Dono sukses menjalankan tugas sebagai Kabareskrim dan sosok yang tepat menjabat sebagai Wakapolri karena memiliki sikap yang melengkapi kepemimpinan di Polri.

Beliau termasuk yang tenang, dan saya yakin akan menjadi rekan yang baik untuk mendukung tugas-tugas saya sebagai Kapolri," katanya.

Sementara itu, pemilihan Arif Sulistyanto sebagai Kabareskrim juga didasarkan kinerja. Tito menilai banyak terobosan yang dilakukan Arief selama menjadi Asisten Sumber Daya Manusia Kapolri sejak 2017. (*)

Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Antara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved