Berita Gempa Bumi Manggarai Barat

Warga Malaka Merasakan Guncangan Gempa yang Terjadi di Manggarai Barat Sekitar Empat Detik

Guncangan gempa bumi 6,7 Skala Ritcher yang titik gempanya terjadi di barat laut Manggarai Barat, NTT dirasakan juga oleh warga Kabupaten Malaka.

Warga Malaka Merasakan Guncangan Gempa yang Terjadi di Manggarai Barat Sekitar Empat Detik
NET
Ilustrasi Gempa Bumi 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Teni Jenahas

POS KUPANG.COM, BETUN---Guncangan gempa bumi berkekuatan 6,7 Skala Ritcher yang titik gempanya terjadi di barat laut Manggarai Barat, NTT dirasakan juga oleh warga Kabupaten Malaka.

Sejumlah warga Malaka, Edy Klau, Yunita Seran dan Petrus Seran kepada Pos Kupang.Com, Sabtu (18/8/2018) mengatakan, mereka merasakan guncangan gempa yang terjadi Jumat (17/8/2018) pukul 23.35 Wita tersebut.

Menurut warga, guncangan gempa sangat terasa sekali meskipun tidak lama. Diperkirakan mereka merasa guncangan gempa hampir 4-5 detik.

Baca: Dinas PUPR NTT Juara Nasional Tiga Tahun Berturut-turut

"Tadi malam kami rasa tapi tidak lama. Kami lagi duduk dalam rumah tiba-tiba ada goyangan dan bunyi-bunyi di dinding," kata Petrus Bria.

Warga Malaka mengaku khawatir juga dengan gempa bumi karena gempa bumi seperti yang terjadi di Lombok, NTT baru-baru ini sudah menelan korban jiwa dan materi.

Seperti diberitakan Pos Kupang.Com, gempa bumi mengguncang wilayah Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat (17/8/2018) malam.

Berdasarkan laporan pihak Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Waingapu, Jumat (17/8/2018) malam, gempa bumi tersebut terjadi pada tanggal 17 Agustus 2018 pada pukul 22:35:00 WIB.

Lokasi gempa bumi tersebut dilaporkan terjadi di 7.35 Lintang Selatan (LS),119.88 bujur timur (BT). Atau dengan jarak 128 kilometer (KM) barat laut Manggarai Barat, NTT, dengan kedalaman 559 kilometer.

Berdasarkan update informasi BMKG, gempa tersebut dirasakan di Bima, Lombok Utara II SIG-BMKG (IV MMI), Waingapu II SIG-BMKG (III-IV MMI), Mataram, Loteng, Kuta II SIG-BMKG (III MMI), Denpasar II SIG-BMKG (II-III MMI), Lobar I SIG-BMKG (II MMI).

Menurut penyampaian pihak BMKG, gempa bumi tersebut tidak berpotensi tsunami, karena salah satu syarat tsunami dengan kedalaman gempanya harus dangkal. Selain itu, gempa yang terjadi di Manggarai Barat itu merupakan gempa dalam sehingga efek di permukaan 'hanya' terasa goyang dan jarang sekali yg menimbulkan kerusakan. (jen).

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved