Berita Kabupaten Belu

Mengharukan Kisah Taman Baca di Atambua, Belu Sebelum Diberi Sahabat Joe

Taman Baca Masyarakat (TBM) Sahabat Joe yang terletak di Dusun Nela, Desa Naekasa, Kabupaten Belu tidak sekedar nama

Mengharukan Kisah Taman Baca di Atambua, Belu Sebelum Diberi Sahabat Joe
POS-KUPANG.COM/Teni Jenahas
Anak-anak Taman Baca Masyarakat (TBM) Sahabat Joe, Atambua, Belu foto bersama seusai kegiatan Konser Merah Putih. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Teni Jenahas

POS-KUPANG.COM | ATAMBUA - Taman Baca Masyarakat (TBM) Sahabat Joe yang terletak di Dusun Nela, Desa Naekasa, Kabupaten Belu tidak sekedar nama tapi ternyata sebelum diberi nama Sahabat Joe, ada kisahnya yang mengharuhkan sekali.

Koordinator TBM Sahabat Joe, Yasinta Rinjani Bria, A.Pi, M.Si kepada POS-KUPANG.COM, Sabtu (18/8/2018) mengatakan, TBM yang dibuka sejak dua tahun lalu ini diberi nama Sahabat Joe.

Nama ini terinspirasi dari nama putranya yang lahir dua tahun lalu kemudian meninggal dunia. Selama 10 tahun Yasinta bersama suami menanti sang buah hati dan Tuhan memberikan. Sayangnya, hanya lima hari saja bersama dengan mereka, sang putranya dipanggil kembali Tuhan.

Baca: Reuni 30 Tahun Alumni Spensa 88 Kupang Meriah

Menurut Yasinta, saat hamil putranya itu, Yasinta menyuka sekali (ngidam) sebuah buku besar Sekaki. Yasinta berkeyakinan kuat jika Joe masih hidup bersamanya pasti ia gemar membaca.

Karena itu, Yasinta mendirikan Taman Baca Masyarakat lalu diberi nama TBM Sahabat Joe. Tujuan mendirikan TBM ini adalah untuk terus mengingatnya dan memberi motivasi kepada anak agar gemar membaca.

Taman Baca Sahabat Joe ini selain berada di Dusun Nela, Desa Naekase, Taman Baca juga ada di Dusun Hofehan dan Dusun Tubatan Desa Tukuneno. Di Dusun Tubatan baru dua minggu dubuka dengan jumlah anak 20 orang. Dalam waktu dekat, taman baca Sahabat Joe ini akan dibuka lagi di Dusun Batumerah.

Jadwal kunjungan dibukan Sabtu dan Minggi dengan jumlah kunjungan 20-30 orang. Persedian buku di TBM Sahabat Joe ini sebanyak 300 buku yang terbagi di tiga tempat yakni, TBM di Dusun Nela, Hofehan dan Tubatan.

Yasinta terus mengharapkan semoga TBM Sahabat Joe terus berkembang dengan baik demi mencerdaskan kehidupan bangsa. (*)

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved