Berita Pendidikan

Ini Yang Dilakukan Mahasiswa PGSD STKIP CBN Saat Gelar Pameran Media Pembelajaran

Lomba memperingati HUT ke-73 Kemerdekaan RI, antara lain Lomba Baca Puisi untuk siswa SD se- Kecamatan Oebobo dan Pameran Media Pembelajaran.

Ini Yang Dilakukan Mahasiswa PGSD STKIP CBN Saat Gelar Pameran Media Pembelajaran
Hermina Pello

Laporan POS-KUPANG.COM, Hermina Pello

POS-KUPANG.COM|KUPANG - Mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Citra Bina Nusantara (CBN) Kupang menggelar aneka kegiatan di Lantai 5 STIKIP CBN Kupang, Sabtu (11/8/2018).

Lomba dalam rangka memperingati HUT ke-73 Kemerdekaan RI tersebut, antara lain Lomba Baca Puisi untuk siswa Sekolah Dasar (SD) se- Kecamatan Oebobo dan Pameran Alat Peraga Pembelajaran oleh mahasiswa STIKIP CBN Kupang.

Ketua panitia lomba, Rafael Lejap, kepada Pos Kupang di sela-sela kegiatan, mengatakan lomba baca puisi tersebut merupakan bentuk pembelajaran bagi siswa SD.

Baca: Pebiola Cilik Sambut Uskup Tentara dari Vatikan di Bandara El Tari Kupang, Apa yang Dibuatnya?

Karena, kata Lejap, selama ini siswa belajar membuat puisi di kelas saja, tetapi kali ini dilakukan di atas pentas dan disaksikan banyak orang. "Ini juga bentuk pembinaan karakter bagi siswa sehingga bisa berani tampil di depan banyak orang, " ujarnya.

Menurut Lejap, pada kegiatan tersebut ada juga pameran media pembelajaran, dimana ada lima stand pameran dengan alat peraga yang berbeda. Ada mockup jam untuk pelajaran matematika, alat peraga untuk siswa belajar tentang sudut, melihat jam, alat peraga tanggal satuan, ritaton, gambar berseri mengenai daur hidup makhluk hidup dan peta daerah NTT.

Ketua Prodi PGSD STKIP CBN Kupang, Febrianus Sunaryo Tanggur, S.Pd, M.Pd, yang ditemui Pos Kupang secara terpisah, mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk memperingati Hari Kemerdekaan RI dan bertepatan dengan ujian akhir semester (UAS) bagi para mahasiswa.

Dikatakannya, untuk UA tersebut, mahasiswa diwajibkan untuk membuat alat peraga kegiatan untuk pengembangan media pembelajaran.

Baca: Dikampung Gurusina Gelar Upacara Bendera HUT RI ke 73

"Lomba puisi yang dilakukan ini sebagai bentuk kerja sama dengan sekolah mitra untuk mahasiswa yang akan PPL. Untuk tahap awal lomba, kami lakukan di tingkat Kecamatan Oebobo sbagai pilot projec dan kegiatan kali ini akan menjadi tolok ukur untuk tingkat Kota Kupang. Kalau kegiatan kali ini berhasil, ke depan akan dibuat pameran untuk tingkat Kota Kupang dan semua sekolah akan diajak mengikuti kegiatan ini, " katanya.

Seperti disaksikan Pos Kupang, pameran media pembelajaan tersebut menjadi perhatian dari siswa SD, apalagi mahasiswa menjelaskan dengan sangat ramah. (*)

Penulis: Hermina Pello
Editor: Apolonia Matilde
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help