Berita Pahlawan dari Perbatasan

Danrem 161 Wira Sakti Apresiasi Aksi Heroik Jhony Kala

Danrem 161 Wira Sakti, Brigjen TNI Teguh Muji Angkasa, S.E, M.M menyampaikan apresiasi kepada Yohanis Gama Marschal Lau

Danrem 161 Wira Sakti Apresiasi Aksi Heroik Jhony Kala
ISTIMEWA
Yohanis Gama Marschal Lau, berpose bersama orang tuanya dan Danrem 161 Wirasakti Kupang sebelum bertolak ke Jakarta pada Sabtu (18/8/2018) pagi di Bandara El Tari Kupang. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Danrem 161 Wira Sakti, Brigjen TNI Teguh Muji Angkasa, S.E, M.M menyampaikan apresiasi kepada Yohanis Gama Marschal Lau, Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri Silawan, Atambua, atas keberaniannya memanjat tiang bendera yang talinya putus saat upacara HUT ke-73 Kemerdekaan RI tahun 2018, di Pantai Motaain Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur, Jumat (17/8/2018).

Hal tersebut disampaikan Danrem 161 Wira Sakti Kupang di Bandara El Tari Kupang, Sabtu (18/8/2018) pagi ketika turut mengantar Yohanis Gama Marschal Lau yang hendak berangkat memenuhi undangan kenegaraan ke Jakarta.

"Berkat kesetiaan dan kecintaan kepada NKRI dengan keberanian dan aksi heroiknya, sehingga bendera Merah Putih dapat dikibarkan dalam upacara tersebut", jelas Danrem 161 Wira Sakti.

Baca: Kisah Margaretha Manhitu Masih Jualan Sayur Meski Anaknya Jadi Bupati TTU

Lebih lanjut, bahwa aksi yang dilakukan secara spontan oleh Yohanis Gama Marschal Lau pada saat pelaksanaan Upacara HUT ke-73 Kemerdekaan RI tahun 2018, dengan Inspektur Upacara Wakil Bupati Belu, JT Ose Luan, sangat luar biasa dan dapat menggugah rasa nasionalisme.

Terkait cita-cita Yohanis yang ingin menjadi anggota TNI, akan diberikan kemudahan dan prioritas oleh pangima TNI ketika sudah mencukupi usianya menjadi anggota.

"Dari cita citanya untuk menjadi TNI, atas aksi heroiknya, Panglima TNI mengapresiasi dengan memberikan kemudahan dan memberikan prioritas kepada Yohanis, manakala dia usianya telah mencukupi dan memenuhi syarat menjadi prajurit TNI," jelasnya.

Lebih lanjut, dikatakan Danrem 161 Wira Sakti bahwa tidak menutup kemungkinan juga suatu saat nanti dia mau menjadi Polisi, pasti dari Kepolisian juga akan memberikan prioritas dan kemudahan kepada yang bersangkutan, karena memang dilihat dari apa yang dilakukan itu cukup heroik, patriotik, dan itu menginspirasi kita semua.

"Di saat bangsa kita sedang melaksanakan HUT ke-73 Kemerdekaan RI, disaat itu pula ada aksi yang cukup mempesona dari Siswa SMP ini.Ketika ada kejadian tersebut, muncul dari barisan anak berpakaian seragam SMP tanpa ada yang menyuruhnya, dengan gagah berani, tanpa rasa takut, langsung memanjat tiang bendera," kata Danrem.

Untuk memenuhi undangan ke Jakarta ini Yohanis Gama Marschal Lau didampingi oleh kedua orang tuanya, yaitu Victorina Fahik Marschal dan Lorencia Gama, Dandim 1605 Belu Letkol Czi I Gusti Putu Dwika serta Kapolres Belu.

Turut mengantar keberangkatan yang bersangkutan, Wakapolda NTT, Kepala PLN NTT, Kasrem, Ibu Ketua Persit KCK Koorcab Rem 161 PD IX Udayana beserta pengurus, Para Kasi Korem 161 Wira Sakti dan Dandim 1604 Kupang. (*)

Penulis: Ryan Nong
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved