Berita Kabupaten Sikka

Sejuta Pesona Pantai Pangabatang Alok Timur, Surga Bagi Wisatawan

Pangabatang di Desa Perumaan, Kecamatan Alok Timur, Kabupaten Sikka adalah semenanjung Pulau Dambila

Sejuta Pesona Pantai Pangabatang  Alok Timur,  Surga  Bagi  Wisatawan
ISTIMEWA
Pantai Pangabatang di Kabupaten Sikka, Pulau Flores.

Laporan  Reporter POS KUPANG, Euginius Mo’a

POS-KUPANG.COM|MAUMERE--Pangabatang    di  Desa  Perumaan,  Kecamatan  Alok  Timur, Kabupaten  Sikka  adalah semenanjung Pulau Dambila yang berdampingan  dengan  Pulau  Besar. Letak  persisnya  di  bagian timur laut.

Semenjak   tahun  1980 Pangabatang  sudah populer. Pantai  dan   coralnya semakin  dikenal  dunia ketika (almahrum) Drs. Frans Seda, menyelenggarakan lomba  foto bawah laut  internasional 1989  diikuti  14  negara.

Pangabatang  berbentuk  tanjung.Pada sisi kiri dan kanannya adalah pantai dengan pasir putih yang sangat indah  dikelilingi hamparan karang atau coral yang indah membentang dengan radius sekitar 300-400 meter dari bibir pantai.

Perpaduannya menjadi  lengkap dengan dinding karang yang dipenuhi terumbu karang dan berbagai jenis ikan  mendiaminya.

“Pangabatang merupakan salah satu spot favorit snorkeling, diving dan berjemur di pantai yang sangat  digemari para turis mancanegara dan  domestik,” kata  praktisi  pariwisata  Sikka, Hery  Ajo, kepada POS-KUPANG.COM, Kamis  (16/8/2018) di Maumere.

Pangabatang  merupakan hamparan pantai di kiri dan kanan dengan bentangan savana di daratan serta  sebuah kampung kecil di ujung barat memberikan sisi lain dari sekedar plesir dan mandi laut. Ada ruang  berinteraksi secara sosial dengan  masyarakat setempat.

Di hadapan Semenanjung Pangabatang sebelah timur ada Pulau Babi dan di timur tenggara ada Tanjung Darat, salah satu semenanjung Pulau Flores.

Terdapat selat yang memisahkan sekaligus mempersatukan, karena  itu  wisatawan dan para pengunjung  hendaknya memperhatikan suatu proses alamiah dari mengalirnya arus di selat, sehingga dapat menyiasati atau menghindari bahaya arus.

“Selama kita memperhatikan  dengan baik, Pangabatang adalah surga bagi para wisatawan,”ujar  Hery,   puluhan  tahun menggeluti usaha wisata.

Menuju   Pangabatang   dengan menyewa kapal motor di Desa Nangahale atau Tanjung Darat. Bila berangkat dari Nanghale diperlukan waktu sekitar 45- 55 menit, sedangkan dari Tanjung Darat hanya sekitar 15 menit.  Namun, akses dari Tanjung Darat belum  memadai, sehingga kebanyakan wisatawan menyewa kapal motor di Nangahale.

Pangabatang yang indah  sedang  diselimuti  awan  duka, Senin  (13/8/2018)  siang  mendadak  gempar.

Perempuan  bule  warga  Sydney  Australia, Marriyed Anne  Soulway  (46)  tenggelam  ketika  mandi di  pantai   sejarak  15 meter.  Jasadnya   sampai  hari keempat masih disimpan  di  IPJ  RSUD  dr.T.C.Hillers  Maumere  menunggu  diterbangkan ke daerah  asalnya.(*)    

 
 

Penulis: Eugenius Moa
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help