Berita Nasional

Presiden Jokowi Sampaikan Pidato Kenegaraan, Klaim Banyak Kemajuan, Termasuk Pemberantasan Korupsi

Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa pemerintah akan terus mendukung upaya KPK dalam memberantas korupsi.

Presiden Jokowi Sampaikan Pidato Kenegaraan, Klaim Banyak Kemajuan, Termasuk Pemberantasan Korupsi
Agus Suparto/Fotografer Kepresidenan
Presiden Joko Widodo saat berpidato di Sidang Tahunan MPR RI 2018 di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (16/8/2018). 

POS-KUPANG.COM | JAKARTA - Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa pemerintah akan terus mendukung upaya Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) dalam memberantas korupsi.

Pemerintah juga memberikan prioritas yang tinggi pada upaya penindakan dan pencegahan tindak pidana korupsi.

"Pemerintah akan terus mendukung upaya KPK untuk memberantas korupsi. Pemerintah juga memberikan prioritas yang tinggi pada upaya pencegahan sebagaimana halnya dengan upaya penindakan," ujar Jokowi saat berpidato pada Sidang Bersama DPR-DPD di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (16/8/2018).

Jokowi mengatakan, perwujudan prinsip demokrasi harus ditopang dengan tata kelola pemerintahan yang baik. Upaya untuk membebaskan Indonesia dari jeratan korupsi yang merusak sendi perekonomian akan terus dilakukan.

Di sisi lain, kata Jokowi, pemerintah telah mengeluarkan Strategi Nasional Pencegahan Korupsi melalui Peraturan Presiden Nomor 54 tahun 2018. Peraturan tersebut menjadi arah kebijakan nasional yang memuat fokus dan sasaran pencegahan korupsi.

Pemerintah juga meneruskan inisiatif Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli). Tercatat hingga semester I tahun 2018, Saber Pungli telah melaksanakan 2.911 kegiatan Operasi Tangkap Tangan (OTT).

"Korupsi adalah kejahatan luar biasa yang harus dilawan dengan cara-cara yang luar biasa," kata Jokowi.

5 Juta Sertifikat Tanah

Presiden Joko Widodo mengaku memperhatikan dengan serius masalah keadilan ekonomi. Terutama keadilan bagi 40 persen lapisan masyarakat terbawah.

Salah satu programnya, yakni percepatan sertifikasi tanah bagi rakyat. Pada 2017, kata Presiden, pemerintah membagi 5 juta sertifikat tanah.

Halaman
123
Editor: Agustinus Sape
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help