Berita Kabupaten Kupang

Bibit Jagung NASA29 Tidak Perlu Didatangkan dari Maros

Penemuan baru yang dilakukan peneliti BPTP NTT maka tidak perlu lagi membuang biaya karena bibit jagung jenis ini sudah dikembangkan

Bibit Jagung NASA29 Tidak Perlu Didatangkan dari Maros
POS KUPANG/EDY HAYON
Penanggung jawab Penyuluh Kajiterap, Ir. Adriana Bire, M.Sc, bersama kelompok tani melakukan penanaman perdana jagung NASA29 di kebun percontohan BPP Kecamatan Sulamu di Desa Oeteta, Rabu (15/8/2018). 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Edi Hayong

POS -KUPANG.COM I NAIBONAT-- Penanggung jawab Penyuluh Kajiterap BPTP NTT, Ir. Adriana Bire, M.Sc, menegaskan, selama ini bibit jagung NASA29 didatangkan dari Maros, Sulawesi.

Namun, dengan penemuan baru yang dilakukan peneliti BPTP NTT maka tidak perlu lagi membuang biaya karena bibit jagung jenis ini sudah dikembangkan di BPTP NTT.

Adriana Bire kepada POS KUPANG.COM, Kamis (16/8/2018) menjelaskan, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) NTT memiliki tenaga peneliti yang handal.

Saat ini telah ditemukan inovasi baru dalam berupa bibit jagung jenis NASA29 yang merupakan hasil persilangan jagung varietas nakula dan sadewa. Terhadap hasil penemuan ini, BPTP NTT berkewajiban menerapkannya untuk petani jagung di seluruh NTT karena dari segi iklim dan cuaca juga tekstur tanah tidak ada persoalan.

Langkah yang telah dilakukan adalah melakukan kajiterap di Kabupaten Kupang khusus di lahan BPP Sulamu.

"Kita kajiterap untuk dua kelompok tani yakni Tekad dan Satu Hati di Desa Oeteta. Saya salut petani begitu antusias menerima teknologi terbaru ini. Kita demonstrasikan cara tanam di depan anggota kelompok tani dan penyuluh. Ini program akan berhasil kalau ada kolaborasi antara peneliti, petani dan penyuluh. Kita sangat optimis pada panen nanti hasilnya sangat menggembirakan," tutur Bire.

Menurutnya, dengan adanya penemuan baru ini maka petani tidak perlu jauh-jauh lagi mendapatkan bibit jagung NASA29 dengan memesan dari Maros. Cukup sehari saja mendatangi BPTP NTT di Naibonat sudah bisa mendapatkan bibit jagungnya.(*)

Penulis: Edy Hayong
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help