Berita Ekonomi Bisnis

Warga Rote Ndao Bisa Komunikasi Dengan Baik Karena Rote Dapat Lima BTS USO

Jika selama ini beberapa daerah di Rote Ndao susah melakukan komunikasi dengan HP sekarang sudah ada lima BTS USO

Warga Rote Ndao Bisa Komunikasi Dengan Baik Karena  Rote Dapat Lima BTS USO
POS-KUPANG.COM/Gecio Viana
Penyambutan Menteri BUMN RI di Desa Oebela, Kecamatan Rote Barat Daya, Kabupaten Rote Ndao, Senin (13/8/2018) sore 

Laporan Wartawan POS-KUPANG.COM, Hermina Pello

POS-KUPANG.COM | KUPANG-Telkomsel dan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan informatika (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) membangun lima Base Transceiver Station (BTS) Tenaga Surya untuk sistem telekomunikasi di Kabupaten Rote Ndao.

BTS tenaga surya ini diresmikan Menteri BUMN Republik Indonesia, Rini Soemarno di Desa Oebela, Rote Ndao, Senin (13/8/2018).

Selama ini, warga desa tersebut diperhadapkan dengan persoalan lemahnya jaringan telekomunikasi.

Dalam siaran pers yang diterima dari Corporate Communications Telkomsel Bali Nusra, Tenny Ginaya pada Selasa (14/8/2018) mengatakan Rote Ndao mendapat lima BTS Universal Service Obligation (USO) dari total 108 BTS USO seluruh Indonesia.

Baca: Ramalan Zodiak Hari Ini, Rabu 15 Agustus 2018, Capricorn Siap-siap Ketemu Jodoh!

Baca: Hari Ini, Angin Kencang di Kota Kupang dan Sekitarnya

Program ini merupakan kerja sama Telkomsel dan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan informatika (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Lima BTS USO ini dibangun di Desa Oebela, Desa Helebeik, Desa Suebela, Desa Mukekuku dan Desa Lenupetu.

Baca: Terbongkarnya Skandal Seks di Panti Asuhan, Remaja Putri Terbangun dalam Kondisi Tak Berbusana

Baca: Hasil Pemeriksaan Kesehatan, Semua Capres-cawapres Dinyatakan Memenuhi Syarat

BTS USO tersebut untuk membuka layanan telekomunikasi selular yang meliputi wilayah blankspot di daerah 3T (Tertinggal, Terluar dan Terdepan).

Pembangunan BTS ini dimulai bulan Agustus hingga Oktober 2018

Baca: Florianus Minta Uluran Tangan Semua Pihak Ringankan Beban Korban Musibah Gurusina

VP Network Deployment and Services Telkomsel, Agus Witjaksono mengatakan, kehadiran jaringan telekomunikasi hingga wilayah perbatasan negara merupakan wujud nyata Telkomsel dalam melayani masyarakat Indonesia tanpa memandang lokasi maupun motivasi bisnis semata.

"Sejalan dengan komitmen kami sebagai operator selular terbesar di Negara Indonesia, selalu berupaya agar tak ada lagi wilayah Indonesia yang terisolir, sehingga Negara Kesatuan Republik Indonesia benar-benar terajut indah dengan adanya jaringan komunikasi," katanya.

Menteri BUMN, Rini M Soemarno dikalungi selendang oleh para petugas saat datang di Desa Oebelo, Kabupaten Kupang, Selasa (14/8/2018).
Menteri BUMN, Rini M Soemarno dikalungi selendang oleh para petugas saat datang di Desa Oebelo, Kabupaten Kupang, Selasa (14/8/2018). (POS-KUPANG.COM/TOMMY MBENU NULANGI)

Dengan beroperasinya jaringan Telkomsel di Pulau Rote, akan semakin memperkuat dan memperluas layanan telekomunikasi selular di wilayah perbatasan negara.

"Pulau Rote merupakan salah satu pulau terluar di Indonesia yang berbatasan langsung dengan Negara Australia. Hadirnya sarana telekomunikasi dapat meningkatkan ketahanan nasional sekaligus mempersatukan Bangsa Indonesia yang tersebar hingga ke pelosok tanah air,"," katanya.

Baca: Ternyata, Ini Pesan di Balik Foto Teaser Album BTS Love Yourself: Answer, Kamu Tahu?

Menurut AgusWitjaksono, total BTS yang tersebar di Pulau Rote sebanyak 40 BTS dan 33 persen sudah merupakan BTS 4G.

Ia mengatakan, kehadiran layanan Telkomsel secara nyata juga menjadi penunjang percepatan pertumbuhan perekonomian dan kemasyarakatan sekaligus mampu menjadi katalisator dalam mempromosikan potensi daerah dan memberi manfaat bagi daya tarik investasi, peluang usaha, bahkan lapangan kerja baru. (i*)

Penulis: Hermina Pello
Editor: Hermina Pello
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved