VIDEO : BBKSDA NTT Amankan Delapan Buaya, Ini Wujudnya

BBKSDA NTT mengamankan delapan buaya dari sejumlah lokasi di NTT. Buaya- buaya tersebut dipelihara di tiga kolam berbeda, dan dipagari besi.

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Gecio Viana

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) NTT mengamankan delapan buaya dari sejumlah lokasi di NTT. Buaya- buaya tersebut dipelihara di tiga kolam berbeda, dan dipagari besi.

Ada enam buaya merupakan hasil tangkapan petugas Unit Penanggulangan Satwa (UPS) BBKSDA. Sedangkan dua buaya diserahkan oleh warga.

Kepala BBKSDA NTT, Drs. Tamen Sitorus, M.Sc melalui Kepala Sub Bagian Program dan Kerja Sama, Dadang Suryana menjelaskan, ada tiga ekor buaya diamankan dari wilayah Kota Kupang, yaitu di muara sungai Lasiana, muara sungai Oesapa serta seekornya diserahkan secara sukarela oleh penjual obat di samping Pos Polisi Tenau Kupang.

Seekor buaya ditangkap di muara sungai Manikin, Kabupaten Kupang. Dua ekor diamankan dari muara sungai Oebelo dan Danau Nolan, Kecamatan Kualin, Kabupaten Timor Tengah Selatan. Dua ekor buaya lainnya diamankan dari wilayah Kabupaten Rote Ndao, satunya ditangkap di perairan dermaga Pantai Baru dan satunya lagi penyerahan dari warga Pulau Ndao.

Dadang mengatakan, menangkap buaya yang muncul di area publik merupakan salah satu cara jangka pendek. Tapi, bukan cara menanggulangi konflik antara manusia dan buaya

"Justru sampai berapa banyak pun buaya yang ditangkap kalau tidak dilakukan penanganan kenapa masalah (konflik manusia dan buaya) itu terjadi, maka tidak akan selesai," kata Dadang saat ditemui di ruang kerjanya akhir Juli 2018 lalu.

Simak video di atas!

Penulis: Gecio Viana
Editor: Alfons Nedabang
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved