Berita Kabupaten Sikka

Tidak Penuhi Kuota Perempuan, 18 Caleg PBB dan PKS Dicoret KPU Sikka

18 orang bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Bulan Bintang (PBB) dicoret

Tidak  Penuhi  Kuota Perempuan, 18 Caleg  PBB dan  PKS  Dicoret KPU  Sikka
pos kupang.com,eugenius moa
Jubir KPUd Sikka, ferry Soge 

Laporan   Reporter POS KUPANG.COM, Euginius  Mo’a

POS -KUPANG.COM|MAUMERE-- Gagal memenuhi kuota perempuan, 18  orang  bakal calon anggota  legislatif  (Bacaleg) dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Bulan Bintang (PBB)  dicoret  oleh Komisi  Pemilihan Umum   (KPU)   Kabupaten  Sikka.

Dari  18   orang  Bacaleg itu, 15   orang  dari PKS dan  tiga   orang dari  PBB. Bacaleg PKS  yang  dicoret, enam  orang berasal   dari Daerah Pemilihan (Dapil) Sikka tiga dan  enam orang pada Dapil Sikka empat. Tiga  orang   bacaleg PBB pada Dapil Sikka empat  juga ikut tercoret.

PKS mendaftarkan 32 Bacaleg  dari  Dapil Sikka satu  sebanyak 10 orang, Dapil Sikka dua  sebanyak  tujuh orang, Dapil Sikka tiga sebanyak  sembilan  orang, dan Dapil Sikka empat sebanyak enam orang. PBB mendaftarkan 11 bacaleg   dari Dapil Sikka satu sebanyak delapan  orang dan Dapil Sikka empat sebanyak  tiga orang.

Jurubicara  KPU  Sikka, JK Fery Soge, Selasa  (14/8/2018) mengatakan, tidak  diakomodir 18 bakal calon karena Parpol gagal memenuhi kuota perempuan.

Fery  mengatakan,  pencoretan terhadap 18 Bacaleg dilakukan pada masa perbaikan.   Bacaleg perempuan PKS di Dapil Sikka tiga  dan Dapil Sikka empat, serta Bacaleg perempuan PBB di Dapil Sikka empat mengundurkan diri. Sampai dengan batas akhir masa perbaikan, PKS maupun PBB tidak bisa mengusulkan pergantian untuk memenuhi kuota perempuan.

Dengan kondisi ini, PKS hanya akan bertarung pada Dapil Sikka satu dan Dapil Sikka dua. PBB ikut bertarung pada Dapil Sikka satu. (*)

 

Penulis: Eugenius Moa
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved