Berita Kabupaten TTS

Tak Lengkapi Persyaratan, 21 Caleg Dinyatakan Gugur

Sebanyak 21 Calon legislatif ( Caleg) dari enam Parpol dinyatakan gugur karena tak mampu melengkapi dokumen kelengkapan persyatan Caleg.

Tak Lengkapi Persyaratan, 21 Caleg Dinyatakan Gugur
POS KUPANG/DION KOTA
Suasana penyerahan berkas Caleg di kantor sekertariat KPU Kabupaten TTU 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Dion Kota

POS-KUPANG.COM|KEFA -- Sebanyak 21 Calon legislatif ( Caleg) dari enam Partai Politik (Parpol) dinyatakan gugur karena tak mampu melengkapi dokumen kelengkapan persyatan Caleg.

21 Caleg yang gugur tersebut berasalan dari Partai Gerindra sebanyak lima Caleg, PPP sebanyak delapan caleg, Demokrat sebanyak satu caleg, PBB sebanyak tiga caleg, Garuda satu caleg dan Partai Berkarya sebanyak tiga caleg.

Hal ini diungkapkan Ketua KPU Kabupaten TTU, Hironimus Joni Tulasi Kepada pos kupang, Selasa ( 14/8/2018) melalui sambungan telepon.

21 Caleg yang dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) disebebakan oleh beberapa alasan, di antaranya ijasahnya tidak sah, tidak ada SKCK, Surat keterangan dari pengadilan, tidak ada SK pemberhentian dari penyelenggara dan tidak ada pas foto.

Caleg yang tidak mampu melengkapi dokumen kelengkapan Calegnya dinyatakan gugur. Pasalnya, ruang untuk kembali melengkapi dokumennya dinyata sudah ditutup.

" Ada 21 Caleg dari beberapa Parpol yang tidak mampu melengkapi dokumen kelengkapan Calegnya hingga batas waktu terakhir pengembalian dokumen kelengkapan Caleg sehingga kita nyatakan gugur dengan sendirinya," ungkap Hironimus.

Dari 440 dokumen yang diterima dari 16 Parpol, 419 caleg ditetapkan sebagai DSC sedangkan 21 Caleg lainnya dinyata TMS.

Selanjutnya KPU Kabupaten TTU membuka ruang kepada masyarakat untuk menerima tanggapan dari masyarakat TTU terkait DCS yang diumumkan KPU.

KPU membuka ruang tanggapan dari tanggal 12 hingga 21 Agustus bagi masyarakat untuk memberikan tanggapan terkait daftar nama caleg yang diumumkan. Tanggapan disampaikan secara tertulis kepada KPU dengan mencantumkan nama dan alamat.

Tanggapan yang masuk akan diperiksa oleh KPU sebelum melakukan klarifikasi kepada Parpol terkait sebelum membuat putusan.

" Kita berharap masyarakat TTU bisa terlibat aktif selama masa tanggapan untuk memberikan masukan terkait DCS yang sudah kita umumkan. Jika memang ada yang tersangkut masalah hukum silakan disampaikan," ajaknya.

Informasi yang dihimpun pos kupang menyebutkan, 21 caleg yang dinyatakan gugur yaitu, Hironimus Bani, Yohanes Krisanto Kumaat, Florensia Maria Gradiana Kefi, Anky Andini Hae dan Melkiades Tasi dari Partai Gerindra. ‎

Emerensiana Haumeni dari partai Demokrat. Fransiskus Erik Meko dari Partai Garuda. Margaretha Sene,Petrus Manek dan Paceli April P. Mbura dari Partai PBB. Hironimus Bene Manbait, Trivonia Babu dan Agustinus Manbait dari Partai Berkarya. ‎Veronika Ulan, Maria G.Sanak, Hildegardis Anin, Gaudensiana Bana, Marselinus Tulasi, Daniel O.Tulasi, Geralina Bani dan Antonio A.Cunino dari Partai PPP.‎ (*)

Penulis: Dion Kota
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved