Berita Provinsi NTT

Refafi Gah: Bacaleg DPR RI Untuk Dapil 1 Masih Berproses

Ketua DPD Partai Hanura NTT, Drs. Refafi Gah, M.Pd mengatakan, pihaknya bersama DPP Partai Hanura sementara memroses bacaleg DPR RI dari Dapil NTT 1.

Refafi Gah: Bacaleg DPR RI Untuk Dapil 1 Masih Berproses
ISTIMEWA
Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Hanura Provinsi NTT, Drs. Refafi Gah, M.Pd 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Ketua DPD Partai Hanura NTT, Drs. Refafi Gah, M.Pd mengatakan, saat ini pihaknya bersama DPP Partai Hanura sementara memroses bacaleg DPR RI dari Dapil NTT 1.

Refafi menyampaikan hal ini kepada POS- KUPANG.COM, Selasa (14/8/2018) malam.

Refafi dikonfirmasi mengenai bacaleg DPR RI dari Dapil NTT 1 yang dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) oleh KPU RI.

Baca: Jumaidi, Korban Kecelakaan Pesawat Dimonim Harus Jalani Operasi limpa

Menurut Refafi, di dapil NTT 1 ada tujuh orang bacaleg dan semuanya memiliki dokumen yang lengkap atau syarat calon yang sudah diverifikasi KPU RI.

"Namun, memang sesuai hasil verifikasi bahwa ada satu bacaleg yang ijazahnya tidak dilegalisir. Tapi ijazahnya ada," kata Refafi.

Refafi mengaku, saat ini sedang berada di Jakarta untuk melakukan pertemuan dengan DPP Partai Hanura dan dengan KPU RI serta Bawaslu RI.

"Kita masih berproses dan berupaya agar dapil NTT 1 ini bisa terakomodir," katanya.

Sekretaris DPD Partai Hanura NTT, Sipri Ritan, S.E mengatakan, untuk bacaleg DPR RI dapil NTT 1 masih dalam proses.

"Saat pemasukan dokumen itu, semua bacaleg dari Dapil NTT 1 lengkap, namun memang persoalan ini mucul saat KPU menyatakan hanya ada 9 orang bacaleg yang memenuhi syarat," kata Sipri.

Dikatakan, persoalan diawali ketika pada KPU RI menyampaikan bahwa hanya ada 9 bacaleg dari Partai Hanura yang memenuhi syarat dan lainnya tidak.

"Kemudian ada mediasi antara KPU RI dan Bawaslu RI dengan Partai Hanura sehingga, hasilnya bahwa memberi warning kepada Partai Hanura agar tidak lagi membuat kesalahan yang sama," katanya.

Dia mengatakan, ada 442 bacaleg yang dinyatakan TMS dan hanya ada 9 saja yang memenuhi syarat. "Tapi kami tentu tidak menyalahkan KPU, karena itu masih berproses," ujarnya.

Untuk diketahui tujuh bacaleg DPR RI asal NTT di dapil NTT 1 yang dinyatakan TMS adalah, Elisabeth Maria Mersin, Dra. Yohana Arfa Baboraki, Drs. Mohammad Saleh Gawi, Adrianus Garu, Petrus Selestinus, Elizabet Maria dan Paulus Moa. (*)

Penulis: Oby Lewanmeru
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved