Berita Asian Games 2018

OCA Pastikan Palembang Siap Gelar Asian Games. Ini Kesiapannya

Dewan Olimpiade Asia (OCA) melalui Wakil Presiden Kehormatannya, Wei Jizhong memastikan kesiapan Palembang menggelar Asian Games XVIII 2018

OCA Pastikan Palembang Siap Gelar Asian Games. Ini Kesiapannya
oca
Wakil Presiden Kehormatan OCA Wei Jizhong (kedua dari kiri) (OCA) 

POS KUPANG.COM -  - Dewan Olimpiade Asia (OCA) melalui Wakil Presiden Kehormatannya, Wei Jizhong memastikan kesiapan Palembang menggelar Asian Games XVIII 2018 yang akan digelar empat hari lagi di Indonesia.

 Wei di Palembang, Senin, mengatakan, ia gembira karena Palembang, sebagai kota kedua setelah Jakarta, yang memiliki kewajiban menyelenggarakan 14 cabang olahraga dipastikan sudah siap seratus persen.

 "Waktu saya datang bulan Juli, dan ketika itu masih banyak masalah-masalah yang harus segera diselesaikan. Tapi, setelah saya datang di last minute, bisa dikatakan semua sudah bagus," kata Wei yang diwawancarai di Jakabaring Sport City.

Ia mengatakan matangnya persiapan Sumatera Selatan tak lepas dari kepemimpinan Gubernur Alex Noerdin yang sejak awal sangat antusias mengawal Asian Games di Palembang.

Bukan hanya itu, OCA juga menilai telah dilakukan pembenahan dalam organisasi penyelenggaraan yang dipimpin INASGOC sehingga semua pihak yang terlihat sudah memahami spesifikasi pekerjaannya masing-masing untuk menyukseskan Asian Games.

 "Saya dari awal sudah bicara soal kebutuhan SDM, harus ada volunteer, polisi yang cukup banyak untuk pengamanan dan lainnya. Termasuk juga peran media massa dalam menyebarkan berita positif mengenai Asian Games yang akan digelar di Indonesia," ujar dia.

 Selain itu, fokus OCA yakni tertuju pada wisma (penginapan) atlet karena awalnya ada kekhawatiran bakal kekurangan mengingat sebanyak 3.100 atlet dan ofisial akan mengunjungi Palembang, 18 Agustus-2 September 2018.

Ternyata hal tersebut dapat diatasi Sumsel dengan membangun penginapan baru yakni Rusunawa dan Rusunami untuk menutupi kekurangan kamar Wisma Atlet.

"Bahkan saya juga mencicipi makanan, dan bisa dikatakan sangat cocok sesuai dengan lidah meski orang berkata makanan Indonesia pedas dan asin. Saya rasa ini juga tidak masalah karena ada banyak menu yang disajikan dari beragam negara, jadi bisa memilih," kata dia.

Dewan Olimpiade Asia (OCA) selaku otoritas tertinggi penyelenggaraan Asian Games juga memastikan tidak ada komplain dari peserta yang sudah menginap di Wisma Atlet dan Rusunawa Jakabaring Sport City, Palembang.?

 Wei yang sudah tiba di kota penyelenggaraan Asian Games ini sejak kemarin (12/8) sudah bertanya langsung ke beberapa peserta yang sudah tiba lebih awal mengenai tingkat kepuasan selama tinggal di penginapan di JSC.

"Saya sudah tanyakan dan mereka menjawab, nyaman, dan sangat nyaman," kata Wei Jizhong.

Kota Palembang menjadi tuan rumah Asian Games XVIII bersama DKI Jakarta dengan menggelar 14 cabang olahraga, di antaranya menembak, sepak bola wanita, tenis lapangan, voli pantai, panjat tebing, skateboard, dan lainnya.

Cabang olahraga sepak bola wanita akan menjadi cabang olahraga pertama yang menggelar pertandingan yakni pada 16 Agustus 2018. (*)

Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Antara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help