Berita Kabupaten Lembata

Ini Konservasi Terumbu Karang Pakai Tempurung Kelapa

Bupati Lembata, Eliaser Yentji Sunur bersama Wakil Bupati, Thomas Ola Langoday, meluncurkan bioreeftek di Pantai Epo, Desa Kolontobo

Ini Konservasi Terumbu Karang Pakai Tempurung Kelapa
POS-KUPANG.COM/Frans Krowin
Suasana peluncuran bioreeftek di Pantai Epo, Ile Ape, Selasa (14/8/2018). 

Laporan Wartawan Pos Kupang.Com, Frans Krowin

POS KUPANG.COM, LEWOLEBA -- Bupati Lembata, Eliaser Yentji Sunur bersama Wakil Bupati, Thomas Ola Langoday, meluncurkan bioreeftek di Pantai Epo, Desa Kolontobo, Kecamatan Ile Ape, Selasa (14/8/2018).

Bioreeftek merupakan teknologi rehabilitasi dan konservasi terumbu karang menggunakan tempurung kelapa. Tempurung kelapa itu disusun rapi pada sebuah besi beton yang telah ditanam pada lempengan beton sebagai pemberat.

Setelah semua tempurung kelapa dipasang pada besi yang tertancap pada lempengan beton yang selanjutnya disebut bioreeftek, barulah benda itu ditenggelamkan di laut dangkal di Pantai Epo tersebut.

Bupati Sunur mengatakan, bioreeftek merupakan solusi atas kerusakkan terumbu karang di Lembata. Untuk itu bioreeftek yang ditenggelamkan di pantai itu merupakan pilot project dalam pembuatan terumbu baru di kabupaten itu.

"Setelah sekian lama terumbu karang rusak oleh ulah manusia, sekarang tiba saatnya bagi kita untuk memperbaiki kerusakan itu dengan bioreeftek. Saya harap masyarakat dengan caranya memerangi aksi pemboman ikan di daerah ini," pesan Bupati Sunur.

Ia juga meminta agar masyarakat yang bermukim di pesisir pantai agat tak boleh menebang mangrove yang tumbuh di pinggir pantai. Bagi oknum yang tertangkap tangan menebang mangrove, maka yang bersangkutan akan diproses hukumkan.

Bupati Sunur juga berjanji akan mengembangkan mangrove secara luas di Lembata. Perluasan penanaman mangrove akan memberikan banyak manfaat baik bagi pelestarian lingkungan pantai, mendukung konservasi laut dan ujung-ujungnya bagi kepentingan masyarakat. (*)

Penulis: Frans Krowin
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved