Berita Asian Games 2018

Bangkit dari ketertinggalan, basket putra Chinese Taipei taklukkan Jepang

Chinese Taipei berhasil menaklukkan Jepang 70-65 dalam laga pembuka cabang olahraga bola basket putra Asian Games 2018

Bangkit dari ketertinggalan, basket putra Chinese Taipei taklukkan Jepang
ANTARA News/Gilang
Pebasket Chinese Taipei, Liu Cheng (ketiga kiri), melepaskan lay up dalam pertandingan penyisihan Grup C bola basket butra Asian Games 2018 di Hall Basket Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa (14/8/2018). 

POS KUPANG.COM- Chinese Taipei berhasil menaklukkan Jepang 70-65 dalam laga pembuka cabang olahraga bola basket putra Asian Games 2018 di Hall Basket Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa.

Taipei bangkit demi meraih kemenangan tersebut setelah sempat tertinggal di dua kuarter pertama pertandingan disokong raihan 18 poin dari Cheng Yingchung serta 14 poin dan Liu Cheng.

Di kubu Jepang tiga penggawa mereka mencapai raihan dua digit angka, lewat Tenketsu Harimoto 12 poin dan masing-masing 10 poin bagi Takuya Hashimoto dan Takuma Sato.

Pelatih Taipei Charles Henry Parker menurunkan sekawan pemula Liu Cheng, Chou Pochen, Chen Yingchun, Chen Kuanchuan dan Huang Jhen.

Jepang memulai laga dengan menurunkan sekawan pemula Atsuya Ota, Leo Vendrame, Yuya Nagayoshi, Tsuji Naoto dan Naoya Kumagae.

Butuh waktu hampir dua menit bagi laga itu untuk akhirnya ada poin tercipta, yang lahir dari center Jepang, Ota, lewat sebuah tembakan mudah di bawah ring di sisa waktu 8 menit 33 detik kuarter pertama.

Taipei sempat membalas bahkan merebut keunggulan menjadi 7-6 saat Hu Longmao menyelesaikan serangan fast break dengan sebuah lay up di sisa waktu 4 menit 57 detik.

Kendati demikian tembakan tiga angka Takuma Sato semenit berselang berhasil membalikkan keadaan menjadi 9-7 bagi Jepang dan sejak itu mereka melesat meninggalkan Taipei 17-11 kala menutup kuarter pertama.

Berkat tambahan 20 poin yang diraih di kuarter kedua, Jepang memperlebar jarak menjadi 37-30 saat menyudahi paruh pertama pertandingan.

Taipei mengawali kuarter ketiga dengan sebuah tembakan di dalam paint area oleh Douglas Creighton yang mengubah kedudukan menjadi 32-37.

Rentetan poin 19-6 yang diraih Taipei, ditutup dengan lay up dari Peng Chunyen di sisa waktu 1 menit 17 detik kuarter ketiga berhasil mengubah kedudukan menjadi imbang 53-53.

Dua tembakan tiga angka yang dilesakkan Peng dan Creighton berhasil membawa Taipei berbalik unggul 59-53 kala menutup kuarter ketiga.

Baca juga: Rohit Chand perkuat timnas Nepal di Asian Games 2018

Baca juga: Bola basket - Korsel lawan berat, tetapi Indonesia bisa mengejutkan

Memiliki keunggulan membuat Taipei lebih percaya diri kala memasuki kuarter pamungkas, namun Jepang lebih dulu mencetak poin lewat tembakan dua angka Sato di sisa waktu 8 menit 41 detik pertandingan.

Taipei segera menjawabnya dengan tembakan tiga angka Peng demi kembali menjauh dari kejaran Jepang dalam kedudukan 62-55 di sisa waktu 8 menit 33 detik.

Meski masih tertinggal Jepang tak patah semangat dan terus berusaha mengejar ketertinggalan angka, hingga memangkas jarak menjadi 64-66 di sisa waktu 3 menit 11 detik.

Sejak itu, foul demi foul terjadi sampai kemudian Taipei menambah keunggulan menjadi 67-64 lewat salah satu lemparan bebas dari Liu lantas disusul tembakan tiga angka dari Creighton di sisa waktu 1 menit.

Tekanan yang kian tinggi bahkan membuat Ota salah memberikan umpan kepada wasit yang mengenakan seragam berwarna hitam, serupa warna timnya sendiri di sisa waktu 11,7 detik, sebelum laga akhirnya usai dengan kedudukan 71-65 bagi kemenangan Taipei.

Di laga selanjutnya, Jepang akan tampil lebih dulu menghadapi Qatar pada Kamis (16/8), sedangkan Taipei libur panjang sebelum akhirnya kembali melantai melawan Hong Kong pada Senin (20/8). (*)

Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Antara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved