Berita Manggarai Barat

148 Orang Perempuan di Mabar jadi Bacaleg dan Sudah Ditetapkan dalam DCS

148 orang perempuan di Kabupaten Manggarai Barat menjadi Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) dan sudah ditetapkan dalam Daftar Calon Sementara

148 Orang Perempuan di Mabar jadi Bacaleg dan Sudah Ditetapkan dalam DCS
pos kupang.com, servan mammilianus
penyerahan berkas penetapan daftar calon sementara dari kpu mabar ke panwaslu, minggu (12/8/2018). 

 Laporan Reporter POS--KUPANG.COM Servatinus Mammilianus

POS--KUPANG.COM, LABUAN BAJO- Sebanyak 148 orang perempuan di Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), menjadi Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) dan sudah ditetapkan dalam Daftar Calon Sementara (DCS) oleh KPU setempat.

"Awalnya saat pengajuan Bacaleg oleh Partai Politik, jumlah perempuan sebanyak 151 orang dan laki-laki 282 orang sehingga totalnya 433 Bacaleg. Pada saat perbaikan, laki-laki menjadi 281 dan perempuan 148 orang sehingga totalnya 429 orang," kata salah satu komisioner KPU Mabar Robertus V Din, didampingi Ketua KPU Hironimus Suhardi dan dua komisioner lainnya.

Mereka ditemui di lantai satu Kantor KPU Mabar, Selasa (14/8/2018).
Dari 429 orang Bacaleg itu kata dia, hanya 426 yang dinyatakan Memenuhi Syarat (MS) sehingga ditetapkan dalam DCS.

Sedangkan tiga orang lainnya dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) sehingga tidak ditetapkan dalam DCS. Ketiga orang tersebut semuanya laki-laki.

Diberitakan sebelumnya, dari 429 orang Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) di Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), yang ditetapkan dalam Daftar Calon Sementara (DCS) sebanyak 426 orang.

Sedangkan tiga orang lainnya tidak masuk DCS karena dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

"Dari 16 Partai Politik, jumlah Bacaleg yang Memenuhi Syarat atau MS 426 orang dan yang TMS 3 orang," kata Ketua KPU Mabar Hironimus Suhardi, kepada POS--KUPANG.COM pada Hari Senin (13/8/2018) sore.

Secara terpisah Ketua Panwaslu Kabupaten Mabar, Simeon Sofan Sofian, mempersilahkan Partai Politik (Parpol) untuk mengajukan sengketa terkait proses penetapan DCS.

"Kami mempersilahkan Parpol untuk mengajukan sengketa terkait proses penetapan DCS, bila merasa keberatan dengan penetapan yang telah dilakukan," kata Simeon, Senin sore itu.

Penetapan DCS kata dia sudah berlangsung pada Hari Minggu (12/8/2018) di Kantor
KPU Mabar.

Dijelaskannya, dari 16 Parpol ada 7 Parpol yang jumlah Bacalegnya tidak sampai batas angka kuota.

Kuota Bacaleg setiap Parpol di daerah itu 30 orang, terdiri dari Daerah Pemilihan (Dapil) Satu sebanyak 12 orang; Dapil dua 9 orang dan Dapil tiga juga 9 orang.(*)

Penulis: Servan Mammilianus
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help