Berita Kabupaten Malaka

Simak Baik-baik. Ini Kasus-Kasus Yang Bisa Menggugurkan Caleg

KPU Kabupaten Malaka sudah selesai menyusun Daftar Calon Sementara pemilihan legislatif tahun 2019 dan sudah diumumkan kepada masyarakat.

Simak Baik-baik. Ini Kasus-Kasus Yang Bisa Menggugurkan Caleg
POS-KUPANG.COM/Teni Jenahas
Jurubicara KPU Malaka, Yosep Nahak 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Teni Jenahas

POS KUPANG.COM, BETUN--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malaka sudah selesai menyusun Daftar Calon Sementara (DCS) pada pemilihan legislatif tahun 2019 dan sudah diumumkan kepada masyarakat.

Masyarakat dapat melihat pengumuaman DCS tersebut dan apabila bakal calon yang termuat dalam DCS itu merupakan mantan narapidana (Napi) tiga kasus ini maka bisa diberikan tanggapan tertulis kepada KPU setempat.

Ketiga kasus yang bisa menggugurkan bakal calon legislatif yakni, kasus tindak pidana korupsi, kasus pidana kekerasan seksual dan kasus narkoba. Apabila masyarakat mengetahui secara pasti bawah caleg yang sudah diumumkan dalam DCS itu merupakan mantan napi dari ketiga kasus tersebut di atas maka besar kemungkinan caleg yang bersangkutan bisa gugur.

Jurubicara KPU Malaka Yosep Nahak kepada Pos Kupang.Com, Senin (13/8/2018) mengatakan, masyarakat bisa memberikan tanggapan tertulis terhadap bakal calon adalah mantan napi kasus korupsi, kekerasan seksual dan narkoba.

Dari tanggapan masyarakat tersebut, KPU akan melakukan klarifikasi kepada parpol yang bersangkutan. Apabila terbukti maka bakal calon yang bersangkutan dinyatakan tidak memenuhi syarat.

Menurut Nahak, batas akhir pengumuman DCS sampai tanggal 21 Agustus 2018. Sampai dengan Senin (13/8/2018), KPU Malaka belum mendapat tanggapan dari masyarakat. KPU tetap menunggu tanggapan dari masyarakat. Apabila tidak ada tanggapan dari masyarakat, KPU melanjutkan dengan penyusunan DCT. (*).

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Ferry Ndoen
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help