Berita Lembata

Semua Barang TKI Diambil Paksa

Kami semua TKI dijarah sebelum dipulangkan. Semua barang diambil paksa. Hp diambil, kalung emas diambil, uang dirampas dan lainnya.

Semua Barang TKI Diambil Paksa
pos kupang.com, frans krowin
Dias Siki TKI asal Lembata 

Laporan Wartawan Pos Kupang.Com, Frans Krowin

POS KUPANG.COM, LEWOLEBA --- "Kami semua TKI ini dijarah sebelum dipulangkan. Semua barang diambil paksa. Hp diambil, kalung emas diambil, uang dirampas dan lainnya. Bahkan ikat pinggang yang bagus juga diambil. Makanya, kami pulang sekarang ini tidak bawa barang sama sekali. Kami hanya pakaian di badan saja."

Hal ini disampaikan Dias Siki, salah satu dari 10 TKI yang dipulangkan secara paksa ke Indonesia, saat tiba di Pelabuhan Lewoleba, tadi malam (Minggu, 12/8/2018). Ia mengungkapkan hal itu lagi ketika ditemui Pos Kupang.Com, di Lewoleba, Senin (13/8/2018).

"Kami ini dijarah sebelum kami dipulangkan. Kami diperlakukan seperti itu saat ditangkap polisi Malaysia. Saat dibawa ke penjara, semua barang diambil paksa dan tidak dikembalikan sampai kami pulang," ujar Dias Siki.

Dia mengatakan, selama ini dirinya bolak balik Malaysia-Lewoleba. Tapi kali ini dirinya apes karena ditangkap saat sedang bekerja. Lebih apes lagi, setelah ditangkap semua barang miliknya dirampas seluruhnya.

Ia mengaku selama ini dirinya punya paspor. Namun paspor yang dimilikinya itu sudah kadaluwarsa dan belum sempat diperpanjang. Saat hendak diperpanjang justeru dirinya ditangkap hingga akhirnya ditangkap dan dideportasi kembali ke Lembata.

Dias menyebutkan, sudah lama dirinya merantau di Malaysia. Ia bekerja di Labuan bersama begitu banyak orang Lembata dan dari daerah lainnya di Indonesia. Saat ditangkap ada banyak orang Indonesia yang juga diamankan karena tak memiliki surat-surat resmi saat bekerja di Malaysia. (*)

Tags
Lembata
TKI
Penulis: Frans Krowin
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help