Berita Kabupaten Manggarai Barat

LSP Pariwisata Komodo Kumpulkan Laporan dari Asesor Tentang Nilai Peserta Ujian Sertifikasi Profesi

Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pariwisata Komodo Flores, saat ini sedang mengumpul laporan nilai peserta ujian sertifikasi profesi

LSP Pariwisata Komodo Kumpulkan Laporan dari Asesor Tentang Nilai Peserta Ujian Sertifikasi Profesi
POS KUPANG/SERVAN MAMMILIANUS
Para peserta ujian 

Laporan Reporter POS KUPANG-- Servatinus Mammilianus

POS-KUPANG.COM|LABUAN BAJO--Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pariwisata Komodo Flores, saat ini sedang mengumpul laporan nilai peserta ujian sertifikasi profesi para karyawan hotel dari asesor atau penguji.

Direktur LSP Pariwisata Komodo Flores  Intan Gemalapuri kepada POS--KUPANG.COM, Senin (13/8/2018) menjelaskan, setelah pengumpulan nilai tentang kompoten atau tidaknya para peserta, pihaknya akan mengirim data penilaian itu ke Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) untuk mendapatkan sertifikat.

"Kami mengumpulkan laporan dari semua asesor, apakah para peserta kompeten semua atau ada yang belum kompeten. Setelah itu berita acara kami kirim ke BNSP dan menunggu sertifikat," kata Intan.

Baca: Ramalan Zodiak Hari Ini, 13 Agustus 2018, Leo Bikin Keputusan Tegas, Zodiak Lain Bagaimana 

Baca: BERITA POPULER : Ramalan Zodiak, Cakepnya Member BTS Jungkook, Kecantikan Tzuyu TWICE

Dia menambahkan, waktu yang dibutuhkan untuk menunggu penerbitan sertifikat dari BNSP sekitar satu bulan.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 50 orang karyawan dan karyawati hotel dan restaurant yang tersebar di Labuan Bajo mengikuti ujian sertifikasi profesi, Sabtu (11/8/2018) di aula Luwansa Hotel Labuan Bajo.

Para peserta diuji oleh tujuh orang asesor atau peguji dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pariwisata Komodo Flores. (*)

Direktur LSP Pariwisata Komodo Flores Intan Gemalapuri kepada POS--KUPANG.COM, menjelaskan bahwa para asesor atau penguji merupakan General Manager atau pimpinan di sejumlah hotel di Labuan Bajo.

"Lisensi kami sejak Bulan Mei 2016. Pada tahun 2017 lalu, kami sudah menguji dan memberikan sertifikat kepada 285 orang karyawan hotel dan restaurant. Sedangkan tahun 2018, sampai saat ini sudah 60 orang yang kami uji untuk mendapatkan sertifikat," kata Intan, Sabtu itu.

Baca: Akui Kesalahan dan Minta Maaf, Tak Akan Dilakukan 4 Zodiak Ini

Baca: Hasni Korban Dukun Jago Dapat Tiga Perawatan Khusus Seperti Ini

Salah satu asesor yang juga Resort Manager Hotel Luwansa Labuan Bajo, Sigit Endrasetyawan, menyampaikan bahwa hasil ujian peserta akan direkomendasikan oleh LSP kepada Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

"LSP hanya merekomendasikan ke BNSP tentang kompeten atau tidaknya para peserta. Kalau kompeten maka BNSP akan menerbitkan sertifikat dan kalau tidak maka tidak diberikan sertifikat," kata Sigit yang merupakan penguji karyawan waiter.

Selain waiter, karyawan hotel yang diuji yakni bagian receptionis dan housekeeping.(*)

Penulis: Servan Mammilianus
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help