Berita Kabupaten Sikka

KPA Sikka Klarifikasi 500 Laki-laki Lakukan LSL

500 lelaki seks dengan lelaki (LSL) adalah laki-laki sesuai data estimasi Depkes RI tahun 2010, bukan yang berprofesi sebagai bapak atau suami.

KPA  Sikka  Klarifikasi  500  Laki-laki Lakukan LSL
istimewa
Pengelola Program, Yuyun Darti Baetal

Laporan  Wartawan  Pos-kupang.com, Eginius Mo’a

POS-KUPANG.COM, MAUMERE---Komisi  Penanggulan  Aids (KPA)  Kabupaten  Sikka  di Pulau  Flores  menyampaikan  klarifikasi  terhadap  judul berita Tribunnews   “500 Bapak-Bapak di Sikka Melakukan Hubungan Seks Sejenis, edisi  Jumat  (10/8/2018).

Pernyataan   klarifikasi    itu dikirim kepada POS-KUPANG.COM,  (Grup  Tribunnews) Biro  Maumere  disampaikan    Sekretaris  KPA,  Yohanes  Siga, dan  Pengelola Program,  Yuyun  Darti Baetal.

Terkait judul berita bahwa ada 500 Bapak-bapak Sikka melakukan hubungan seks sejenis adalah tidak benar,  karena 500 lelaki seks dengan lelaki (LSL)  adalah laki-laki sesuai data estimasi Depkes RI tahun 2010, bukan yang berprofesi sebagai bapak atau suami.

Hasil pemetaan terhadap populasi kunci khusus LSL pada 2015 ditemukan  85 orang. Pada  2018 pemetaan semua populasi ditemukan Waria 125 orang; Wanita Pekerja Seks Langsung (WPS L) 47 orang; Wanita Pekerja Seks Tidak Langsung  (WPS TL) 104 orang dan LSL 68 orang.  Hasil  pemetaan ini  menunjukkan angkanya  jauh dari hasil estimasi Depkes.

KPA  Sikka keberatan  dengan istilah perilaku menyimpang, karena tidak pernah disebutkan dalam wawancara. Kami menggunakan terminologi perilaku beresiko karena ada perbedaan pemahaman antara perilaku menyimpang dan perilaku beresiko.

Menurut  KPA  Sikka, keseluruhan berita baik judul maupun konten telah melukai hati komunitas baik bapak-bapak maupun LGBT NTT oleh karena itu kami minta  Tribunnews membuat pernyataan permohonan maaf kepada komunitas tersebut.  *)

 
 

Penulis: Eugenius Moa
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help