Opini Pos Kupang

Beginilah Problem Pengawasan Oleh Wakil Rakyat

Salah satu fungsi yang dijalankan anggota DPRD adalah pengawasan terhadap pelaksanaan berbagai kebijakan publik di daerah.

Beginilah Problem Pengawasan Oleh Wakil Rakyat
ilustrasi

Oleh Isidorus Lilijawa
Warga Kota Kupang

POS KUPANG.COM - Salah satu fungsi yang dijalankan anggota DPRD adalah pengawasan terhadap pelaksanaan berbagai kebijakan publik di daerah.

Pengawasan ini penting, bukan hanya karena merupakan tugas dan kewenangan anggota DPRD untuk menilai apakah berbagai kebijakan publik telah dijalankan sesuai rencana, tetapi juga penting sebagai ukuran seberapa jauh DPRD menjalankan mandat pemilihnya.

Konsep Dasar

Kata "pengawasan" sering disamakan dengan istilah atau kata "kontrol","supervisi", atau "audit".

Dalam konteks DPRD, kata "pengawasan" berakar dari "oversight" yang berarti pengamatan dan pengarahan terhadap sebuah tindakan berdasarkan kerangka aturan yang ditentukan.

Jadi pengawasan yang dilakukan oleh anggota DPRD terhadap lembaga eksekutif dapat diartikan sebagai "suatu proses atau rangkaian kegiatan pemantauan, pemeriksaan dan evaluasi terhadap pelaksanaan kebijakan publik yang dilaksanakan untuk menjamin agar semua kebijakan, program ataupun kegiatan yang dilakukan oleh lembaga publik berjalan sesuai dengan aturan-aturan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Fungsi pengawasan anggota DPRD bukan saja merupakan sebuah proses untuk memantau kegiatan lembaga publik agar berjalan sesuai rencana.

Tetapi juga sebuah koreksi terhadap penyimpangan yang telah dan mungkin terjadi. Pengawasan yang baik selalu merupakan langkah pencegahan yang efektif terhadap penyimpangan dalam proses penyelenggaraan tata pemerintahan.

Dalam konteks lembaga politik, fungsi pengawasan yang dijalankan anggota DPRD merupakan bentuk pengawasan politik yang lebih bersifat strategis dan bukan administratif. Hal ini membedakan fungsi pengawasan yang dilakukan anggota DPRD dengan yang dilakukan oleh lembaga pemerintahan dan publik lainnya.

Halaman
1234
Editor: Putra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved