Andre W Koreh, ASN Berprestasi dan Inovatif

Berbagai bentuk penghargaan tersebut bukannya datang begitu saja. Semua itu ada berkat kerja keras Kepala Dinas PUPR NTT, Ir. Andre W Koreh, MT

Andre W Koreh, ASN Berprestasi dan Inovatif
POS-KUPANG.COM/KANIS JEHOLA
Kepala Dinas PUPR NTT, Ir. Andre W Koreh, MT 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Kanis Jehola

POS-KUPANG.COM | KUPANG - DI DINDING ruang kerja Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi NTT berukuran sekitar 7 x 7 meter terpampang berbagai atribut penghargaan. Penghargaan tersebut tak hanya dalam bentuk piagam tapi juga tropi.

Berbagai bentuk penghargaan tersebut bukannya datang begitu saja. Semua itu ada berkat kerja keras Kepala Dinas PUPR NTT, Ir. Andre W Koreh, MT yang didukung seluruh stafnya dalam menjalankan roda organisasi di dinas yang dipimpinnya.

Baca: KPK Umumkan Harta Kekayaan Capres Prabowo Subianto, Inilah Jumlahnya

Dalam kurun waktu empat sampai lima tahun terakhir, Dinas PUPR NTT selalu mendapatkan penghargaan. Lembaga yang dipimpin Andre Koreh ini dinilai memiliki kinerja baik dalam pengelolaan dana, baik APBN maupun APBD. Dalam rentang waktu tersebut juga tidak terlalu banyak persoalan yang dihadapi, terutama dalam hal pengelolaan anggaran, padahal bekerja di lembaga ini penuh dengan risiko. Pemberitaan selama lima tahun terakhir juga lebih banyak berita positifnya daripada yang tidak positif.

Andre Koreh foto bersama Penjabat Gubernur NTT, Robert Simbolon, seusai menerima Award, belum lama ini.
Andre Koreh foto bersama Penjabat Gubernur NTT, Robert Simbolon, seusai menerima Award, belum lama ini. (ISTIMEWA)

"Setiap tahun kami paling tidak dua sampai tiga kali diperiksa oleh aparat pemeriksaan dari BPK, BPKP maupun Inspektorat, dan puji Tuhan semua temuan- temuan, semua rekomendasi-rekomendasi kami tindaklanjuti dan selesaikan. Dan posisi hari ini tidak ada lagi temuan yang tertunggak, kecuali nanti pekerjaan yang baru ini (tahun 2018) yang akan dievaluasi tahun 2019," kata Andre.

Setiap kali penerimaan DIPA, DPA, Dinas PUPR NTT selalu diberi penghargaan mewakili penerima. Alasannya, lembaga itu yang mencapai progres cukup tinggi. Juga dalam eksekusi anggaran, progres Dinas PUPR NTT cukup tinggi.

"Saya juga menerima beberapa penghargaan dari Pak Gubernur, itu bukti sebagai yang terbaik satu atau terbaik dua. Itu dari pemerintah provinsi sendiri.

Penghargaan dari Kanwil Anggaran sebagai pengelola Dana Alokasi Khusus (DAK) Infrastruktur terbaik 2017 juga ada. Penghargaan juga diberikan PT Tidal BV dari Belanda sebagai birokrat yang berpikir out of box atau berpikir tidak biasanya tapi selalu melahirkan sesuatu yang baru," katanya.

Tak hanya berkinerja baik dalam pengelolaan anggaran APBD dan APBN, Andre Koreh juga dinilai sebagai ASN atau pejabat birokrasi yang kreatif dan inovatif. Penilaian ini bukannya tanpa dasar. Paling tidak ada lima aplikasi di Dinas PUPR NTT yang menjadi bukti adanya inovasi yang dilakukan Andre bersama jajarannya. Inovasi-inovasi tersebut dilakukan untuk meningkatkan perbaikan pelayanan baik kepada publik maupun kepada para karyawan.

Berkaitan dengan kemajuan teknologi IT, Kepala Dinas PUPR NTT dan jajarannya menggunakan IT untuk berbagai hal yang berkaitan dengan kepentingan kantor. Ada aplikasi bernama elektronik monitoring untuk memonitor kegiatan sehingga tidak ada satu pun program dan kegiatan yang lolos dari pantauan. Juga ada Electronic Filing (e-Filing) untuk memudahkan koordinasi dengan staf, disposisi surat menggunakan surat elektronik.

Halaman
12
Penulis: Kanis Jehola
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help