Berita Prakiraan Cuaca

Simak Update Iklim di NTT Terkini

Monitoring hari tanpa hujan (HTH) dasarian 1 Agustus 2018 provinsi NTT pada umumnya mengalami kategori hari tanpa hujan dengan kategori sangat pendek

Simak Update Iklim di NTT Terkini
pos kupang.com, maria ae toda
Kepala Stasiun Klimatologi Kelas II Kupang Apolinaris Geru 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM Maria A E Toda

POS-KUPANG.COM|KUPANG- BMKG Stasiun Klimatologi Kelas II Kupang sudha merilis update informasi, prediksi dan analisis Iklim di wilayah Nusa Tenggara Timur.

Kepala Stasiun Klimatologi Kelas II Kupang Apolinaris Geru saat dihubungi Minggu (12/8/2018) menjelaskan Monitoring hari tanpa hujan (HTH) dasarian 1 Agustus 2018 provinsi NTT pada umumnya mengalami kategori hari tanpa hujan dengan kategori sangat pendek yaitu 1-5 hari.

Namun terdapat wilayah yang mengalami HTH dengan kategori kekeringan ekstrem atau lebih dari 60 hari yaitu wilayah kabupaten Nagekeo di sekitar Danga.

Kabupaten Ende di sekitar Nanganio dan Sokorio, kabupaten Sikka di sekitar Magepanda, kaupaten Lembata di sekitar Wairiang, kabupaten Sumba Timur di sekitar Rambangaru, Lambanapu, dan Kamanggih, kaupaten Sabu Raijua di sekitar Daieko, kabupaten Belu di sekitar Fatulotu serta kabupaten Kupang di sekitar Hueknutu, Lelogama, dan Sulamu.

" Untuk analisis curah hujan dasarian 1 Agustus 2018 pada umumnya wilayah NTT mengalami curah hujan dengan kategori rendah atau 0 hingga 50 mm kecuali di sebagian kecil kabupaten Manggarai, sebagian kecil kabupaten Ngada, sebagian besar kabupaten Ende, sebagian besar kabupaten Sikka, sebagian kecil kabupaten Sumba Barat, sebagian kecil kabupaten Sumba Timur, sebagian kecil kabupaten Rote Ndao, serta sebagian kecil kabupaten Kupang yang mengalami curah hujan dengan kategori menengah yaitu 51-150 mm," ujar Apolinaris.

Berdasarakan peta prakiraan peluang curah hujan dasarian II Agustus 2018 diketahui pada umumnya wilayah NTT diperkirakan memiliki peluang curah hujan 0-20 mm sebesar 70 hingga 90%. Sedangkan di sebagian kecil kabupaten Manggarai Barat, sebagian kabupaten Manggarai Timur, sebagian kabupaten Manggarai, sebagian kecil kabupaten Ngada, dan sebagian besar kabupaten Malaka diperkirakan memiliki peluang curah hujan 21-50 mm sebesar 20 hingga 50%. (*)

Penulis: Maria Enotoda
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved