berita Olahraga

Ribuan Pesepeda Ikut Meriahkan Sepeda Nusantara di Kediri

Sekitar 12 ribu orang pesepeda dari berbagai daerah di Jawa Timur, ikut memeriahkan sepeda nusantara

Ribuan Pesepeda Ikut Meriahkan Sepeda Nusantara di Kediri
(ANTARA /Basri Marzuki)
Arsip. Rombongan Tim Jelajah Sepeda Nusantara 2018 melintasi Tugu Khatulistiwa di Palu, Sulawesi Tengah, Jumat (3/8/2018). Jelajah Sepeda Nusantara 2018 yang diluncurkan Kemenpora pada Mei 2018 lalu untuk mempromosikan Asian Games 2018 dijadwalkan menjelajahi 70 kota/kabupaten di Jawa, Kalimantan, Sualwesi, dan Bali. Kegiatan itu menempuh jarak 6.700 kilometer dan akan berakhir di Bali pada November 2018. 

POS KUPANG.COM - - Sekitar 12 ribu orang pesepeda dari berbagai daerah di Jawa Timur, ikut memeriahkan acara sepeda nusantara yang digelar oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) sebagai bagian kampanye bersepeda sehat sekaligus promosi Asian Games dan Asian Para Games 2018.

"Hari ini diselenggarakan sepeda nusantara, ini untuk mengembangkan potensi daerah. Idenya kegiatan ini bagaimana dari Sabang sampai Merauke bisa mengetahui budaya melalui bersepeda.

Untuk itu, bersepeda tidak hanya olahraga tapi juga bisa ketahui budaya Indonesia," kata Staf Khusus Menpora Bidang Komunikasi dan Kemitraan Anggia Ermarini yang hadir dalam pembukaan kegiatan itu di Taman Tirtoyoso, Kota Kediri, Jatim, Minggu pagi.

Ia sangat berharap, kegiatan bersepeda bisa menjadi budaya bagi masyarakat. Mereka bisa menerapkan gaya hidup sehat dengan rajin berolahraga, salah satunya dengan bersepeda.

Selain itu, ia menambahkan acara ini juga digelar untuk memeriahkan kegiatan Asian Games yang akan berlangsung mulai 18 Agustus 2018. Banyak para atlet, dari berbagai daerah dikirimkan untuk mengikuti kegiatan tersebut, termasuk dari Kediri.

"Dengan acara ini mari bersama-sama mendoakan Asian Games yang akan dibuka pada 18 Agustus mendatang, supaya lancar dapat medali emas yang banyak," katanya berharap.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga Kota Kediri Nur Muhyar mengaku sangat bangga dengan kegiatan ini. Kediri termasuk salah satu kota tempat diselenggarakan acara sepeda nusantara, memeriahkan kegiatan menjelang Asian Games 2018.

"Untuk sepeda kan di Kediri banyak klub, selain itu juga ada acara KNR (Kediri night ride/ acara sepeda malam). Dari sisi kegiatan bersepeda, ini juga ikut serta memeriahkan Hari Jadi Ke-1139 Kota Kediri. Setelah ada senam, sepeda, masih ada satu lagi yakni Kediri berlari, jadi lengkap," kata Nur.

Ia juga berharap, acara ini bisa berjalan dengan tertib dan lancar. Para peserta bisa ikut acara dengan santun, dan berhatip-hati terutama di jalan raya, agar selamat.

Kegiatan sepeda nusantara ini terdapat 70 kabupaten/kota yang menyelarakan dan puncak acara akan dilangsungkan bersamaan dengan Hari Olahraga Nasional, 9 September 2018. Rencananya, puncak acara itu akan digelar di Maluku Utara bersamaan dengan Hari Olahraga Nasional tersebut.

Beberapa daerah yang menyelenggarakan kegiatan sepeda nusantara, selain Kediri terdapat juga, Gorontalo, Palopo, Banten, Bali, dan sejumlah daerah lainnya. Di Kediri, jumlah pesertanya juga sangat banyak, hingga sekitar 12 ribu pesepeda dari berbagai daerah di Jatim, termasuk luar Jatim.

Para peserta akan melewati sejumlah objek, yakni Taman Hutan Joyoboyo, Kelenteng Tjoe Hwie Kiong, Jembatan Lama, Taman Sekartaji, jalur Hutan Lebak Tuapang, Goa Selomangleng, hingga Taman Harmoni dengan panjang rute sekitar 22 kilometer.  (*)

Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Antara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved