Berita Lembata

KPU Tetapkan 366 Caleg Sementara di Lembata

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Lembata menetapkan 366 figur sebagai calon anggota legislatif (caleg) sementara untuk DPRD Lembata.

KPU Tetapkan 366 Caleg Sementara di Lembata
POS KUPANG.COM/FRANS KROWIN
Bernabas MD Marak 

Laporan Wartawan Pos Kupang.Com, Frans Krowin

POS KUPANG.COM, LEWOLEBA --- Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Lembata menetapkan 366 figur sebagai calon anggota legislatif (caleg) sementara untuk DPRD Lembata.

Penetapan daftar calon sementara itu dilakukan dalam rapat pleno yang berlangsung di Aula Kantor KPUD Lembata, Sabtu (11/8/2018) malam.

Rapat pleno tersebut dihadiri empat dari lima komisioner, masing-masing Ketua KPUD Lembata, Petrus Payong Pati, Bernabas ND Marak, Yusuf Maswari Paokuma dan Charles Primus Kia. Sedangkan komisioner Gabriel Tobi Sona berhalangan hadir.

"Kami sudah menetapkan DCS. Dari semua figur yang diusulkan partai politik, KPU sudah menetapkan 366 sebagai caleg sementara untuk DPRD Lembata," ujar Komisioner yang membidangi Divisi Teknis KPUD Lembata, Bernabas ND Marak di kantor KPUD setempat, Minggu (13/8/2018).

Dikatakannya, 366 caleg sementara tersebut telah lulus semua syarat yang ditetapkan KPUD. Untuk itulah KPUD menetapkannya sebagai caleg sementara dan mengumumkannya kepada publik.

Maksud dari pengumuman DCS tersebut, kata Bernabas, adalah mendapat respon masyarakat. Artinya, jika seorang caleg ada masalah, terutama bermasalah dengan syarat pencalonan, maka masyarakat silahkan mengadu ke KPU.

Pengaduan itu, lanjut Bernabas, hendaknya dilakukan secara tertulis. Sementara warga yang mengadu, mutlak hukummya untuk menyertakan kartu identitas diri, semisal kartu tanda penduduk (KTP).

Tanpa KTP, pengaduan yang dilakukan warga tak akan diterima KPUD. Untuk itu, kata Bernabas, warga hendaknya melakukan pengaduan secara bertanggung jawab. Dengan begitu pengaduan warga itu bisa membawa manfaat dalam proses mendapatkan calon anggota legislatif seperti yang diharapkan. (*)

Penulis: Frans Krowin
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved