Berita Kota Kupang

Ini Penjelasan Dekan FISIP Undana Kupang Terkait Ketiadaan Gedung

Ketiadaan gedung bagi Program Studi Ilmu Politik dan Program Studi Ilmu Komunikasi dikarenakan gedung digunakan Fakultas Kedokteran

Ini Penjelasan Dekan FISIP Undana Kupang Terkait Ketiadaan Gedung
POS-KUPANG.COM/Gecio Viana
Dr. Drs. Frans Gana, M.Si, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Undana Kupang 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Gecio Viana.

POS-KUPANG COM | KUPANG - Dr. Drs. Frans Gana, M.Si, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Undana Kupang mengatakan, ketiadaan gedung bagi Program Studi Ilmu Politik dan Program Studi Ilmu Komunikasi dikarenakan gedung yang dimiliki FISIP yang akan digunakan untuk kedua program studi tersebut masih digunakan oleh Fakultas Kedokteran Undana Kupang, Rabu (4/7/2018)

Hal itu disampaikannya ketika ditemui POS-KUPANG.COM di ruang kerjanya di gedung FISIP Undana Kupang, ia menjelaskan, pada masa kepemimpinan dekan sebelumnya pihak FISIP Undana Kupang bersama pihak rektorat melakukan pembentukan Fakultas Kedokteran untuk menunjang program pemerintah dalam menambah jumlah dokter di NTT karena, lanjut Frans, Provinsi NTT pada saat itu kekurangan dokter. tenaga dokter yang ada di NTT merupakan dokter yang datang dari luar NTT.

Baca: Waspada, Berlayar di Samudera Hindia NTT Potensi Tinggi Gelombang Capai 4 Meter

Oleh karena itu, di awal pembentukkan Fakultas Kedokteran pada tahun 2008, satu gedung berlantai dua yang dimiliki oleh FISIP digunakan untuk menunjang aktivitas parkuliahan Fakultas Kedokteran.

"Fakultas Kedokteran ini dibangun di masa kepemimpinannya Prof Frans (Prof. Ir. Frans Umbu Data, M.App, Sc, Ph.D,) dipinjam gedung milik FISIP yang berada di bagian belakang gedung Program Studi Administrasi Bisnis, istilahnya pinjam," jelasnya

Karena gedung FISIP telah digunakan sementara oleh Fakultas Kedokteran, maka lanjut Frans, pada waktu itu (2008) prodi Ilmu Politik dan Prodi Ilmu Komunikasi untuk sementara melakukan aktifitas akademik di lantai dua perpustakaan Undana.

"Prodi Ilmu Politik dan Ilmu Komunikasi dipersiapkan gedung yang sudah ada, hanya gedungnya disekat-sekat di Perpustakaan Undana. Jadi itulah yang dipakai dan ditata sedemikian rupa sehingga sesuai dengan mahasiswa yang kita terima," jelasnya.

Dia mengatakan, untuk proses pengembalian gedung yang digunakan oleh Fakultas Kedokteran telah dibicarakan, akan tetapi masih menunggu proses pembangunan gedung bagi Fakultas Kedokteran yang baru sehingga pengembalian gedung belum terlaksana.

"Hasil pembicaraan itu adalah sebenarnya sudah dimulai dari tahun kemarin (2017) tapi karena ruangan kuliah bagi Fakultas kedokteran sedang dipersiapkan. Pelan-pelan sudah berpindah, saya menduga, tahun ini pasti akan berpindah semua," katanya.

Sementara itu, untuk meningkatkan kenyamanan dan peningkatan fakultas, kata Frans, telah dibangun satu gedung baru di FISIP yang akan digunakan untuk ruang dosen dan ruang kuliah bagi mahasiswa.

"Jadi nanti akan diisi meubeler, misalnya kursi dan meja, kemudian disekat," ujarnya.

Ia menambahkan, jumlah mahasiswa di FISIP Undana yang melakukan aktivitas akademik di Kupang berjumlah sekitar 4000an mahasiswa dan terbagi atas lima program studi yakni Prodi Administrasi Publik, Prodi Administrasi Bisnis, Prodi Sosiologi, Prodi Ilmu Komunikasi dan Prodi Ilmu Politik. (*)

Penulis: Gecio Viana
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help