Berita Kabupaten Sikka

Tujuh Desa di Sikka Menyusul Deklarasikan 100 Persen Akta Kelahiran Anak

Desa Du di Kecamatan Lela, Kabupaten Sikka, Pulau Flores menjadi desa pertama di Sikka mendeklarasikan 100 persen akta

Tujuh  Desa  di  Sikka  Menyusul  Deklarasikan 100  Persen  Akta   Kelahiran Anak
POS KUPANG/OBY LEWANMERU
Drs. Flory Mekeng.

Laporan  Reporter POS KUPANG.COM, Eginius Mo’a

POS-KUPANG.COM|MAUMERE--Desa  Du  di Kecamatan Lela, Kabupaten Sikka, Pulau  Flores menjadi  desa  pertama di Sikka   mendeklarasikan  100 persen  akta   kelahiran anak.

Setelah    deklarasi  di  Du,  tujuh   desa  lainnya juga   akan  menyusul mendeklarasikan  100  persen  akta kelahran anak selama    tahun  2018. Ketujuh   desa  itu yakni   Desa  Sikka, Hepang, Korowuwu, Lusitada,  Bloro, Takaplager, dan  Desa Kloangpopot.

“Target kami  32  desa  dampingan,” kata  Manager  Wahana  Visi  Indonesia  (WVI) Area  Program   (AP) Sikka, Johny Noya, kepada POS-KUPANG.COM, Sabtu  (11/8/2018)  di  Maumere.

Johny   mengatakan  sejak   2016   WVI telah  menggagas percepatan kepemilikan akta lahir anak di desa-desa dampingan bersama dengan gereja dan  Dinas  Kependudukan  dan  Catatan  Sipil Sikka.  Beberapa hal yang dilakukan menginisiasi pembentukan tim percepatan akta lahir anak di masing-masing desa.

Selanjutnya, bersama dengan Puspas dan mitra yang lain melakukan advokasi di tingkat kabupaten   menghapus sanksi administrasi bagi anak-anak yang  belum memiliki akta lahir. Bupati   Sikka  menerbitkan  Perbup  Sikka Nomor 15  Tahun 2017 tentang  Percepatan  Cakupan  Kepemilikan Akta Kelahiran.

“WVI mendampingi desa dan mendorong desa untuk mengembangkan peraturan atau kebijakan  mendukung percepatan akta kelahiran anak di tingkat desa. Salah  satu strategi  melibatkan  warga desa terlibat langsung mengadvokasi pemerintah desanya untuk proses percepatan pencatatan kepemilikan dokumen akta kelahiran melalui tahapan suara dan aksi warga Negara,” kata Johny.   (*)

Penulis: Eugenius Moa
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved