Berita Kabupaten Sikka

Unipa Maumere Tempati Urutan Ke-11 dari 53 PT di NTT

Universitas Nusa Nipa Maumere di Pulau Flores di usianya ke-13 tahun menempatkan diri peringkat ke-11 dari 53 perguruan tinggi di NTT

Unipa Maumere Tempati  Urutan Ke-11  dari 53  PT  di NTT
pos kupang.com, eugenius moa
Mahasiswa baru Universitas Nusa Nipa (Unipa) Maumere, Pulau Flores mengikuti program Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKBM) tahun ajaran 2018/2019, Kamis (9/8/2018) di Aula Nawacita. 

Laporan  Wartawan Pos-kupang.com, Eginius Mo’a

POS-KUPANG.COM, MAUMERE---Universitas Nusa Nipa   (Unipa) Maumere di  Pulau  Flores  di  usianya  ke-13 tahun   menempatkan diri pada  peringkat ke-11  dari  53  perguruan  tinggi di Propinsi  NTT.

“Semua prodi maupun institusinya telah terakreditasi. Sebanyak 11 prodi dari 19 prodi terakreditasi nilai B. Level ini terus ditingkatkan dipersembahkan buat masyarakat,” kata  Rektor   Unipa, Ir. Angelinus  Vincentius,M.Si, kepada  POS-KUPANG.COM,  pada penutupan   Pengenalan  Kehidupan  Kampus  bagi  Mahasiswa  Baru (PKKBM)  2018, Jumat (10/8/2018).

 Seremoni  penutupan PKKMB  dan  pembukaan tahun akademik 2018/2019 dengan  perayaan misa  dipimpin  RD. Siriakus, O.Carm.  Rektor Unipa menyematkan jas almamater kepada  perwakilan mahasiswa  baru sebagai simbol resmi sebagai mahasiswa Unipa, penandatanganan deklarasi damai dan pelepasan balon udara bertuliskan Unipa di halaman Gedung Nawa Cita.

Angelinus  mengajak mahasiswa  baru Unipa memahami wawasan almamater merupakan pedoman bersama, menegaskan   perguruan tinggi (PT) adalah lembaga ilmiah dan kampus adalah masyarakat ilmiah.

“Universitas tempat kita bernaung disebut almamater. Mulai sekarang, tanamkan dalam hati sanubari  bahwa, almamater yang ada di hatiku adalah Unipa,” tandas Angelinus.

Almamater, kata  Angelinus meliputi empat unsur civitas akademika, yaitu dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan (atau karyawan) dan para alumni.   Keempat unsur ini harus  manunggal, bersatu padu, secara bersama-sama membela, membesarkan dan mengharumkan nama almamater Unipa. Tata krama pergaulan yang berlaku di Unipa adalah azas kekeluargaan, keselarasan  sesuai nilai-nilai Pancasila.

Dikatakanya,Unipa   telah menggunakan sistem administrasi akademik dan keuangan  berbasis IT, yaitu sistem e-campuz. Sistem ini menuntut semua untuk lebih tertib dan teratur dalam hal administrasi akademik dan keuangan. Mahasiswa baru  harus familiar dengan  perangkat IT, karena kita hidup di jaman digital. Jika ada yang belum familiar, mulailah sekarang. Karena harus dapat mengakses informasi akademik melalui e-campuz dan e-library di kampus orange ini.

“Unipa  sedang menyongsong status barunya sebagai  Universitas Negeri Nusa Nipa.  Seluruh berkas penegerian telah diajukan kepada Dikti, telah divisitasi dan dinyatakan layak. Satu-satunya hambatan kebijakan moratium dari Presiden RI. Apabila moratorium  telah dicabut maka kita bisa memperoleh pengesahan status sebagai PTN,” ujar  Angelinus.

Ia  menambahkan,  bulan November 2016, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi telah datang ke  Unipa  melakukan verifikasi atas seluruh berkas usulan dan  meninjau kesiapan  Unipa di lapangan. Menristek-Dikti telah mengumumkan UNIPA sangat layak dan telah siap untuk diubah statusnya menjadi Universitas Negeri Nusa Nipa,” tandas  Angelinus.  *)

Penulis: Eugenius Moa
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved