Berita Sumba Timur

Satpol PP Sumba Timur Lakukan Simulasi Pemadaman Kebakaran

Sat Pol PP Sumba Timur menggelar simulasi pemadaman kebakaran untuk memanfaatkan peralatan untuk pemadaman kebakaran yang selama ini tak difungsikan

Satpol PP Sumba Timur Lakukan Simulasi Pemadaman Kebakaran
pos kupang.com, robert ropo
Simulasi Pemadaman Kebakaran di Pasar Matawai. 

POS-KUPANG.COM/ROBERT ROPO
Simulasi Pemadaman Kebakaran di Pasar Matawai.

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo

POS-KUPANG.COM | WAINGAPU------ Pihak Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Kabupaten Sumba Timur menggelar simulasi pemadaman kebakaran untuk memanfaatkan peralatan untuk pemadaman kebakaran (Damkar) yang selama ini tidak difungsikan

Simulasi pemadam kebakaran tersebut dilaksanakan di Pasar Inpres Matawai Kelurahan Matawai Kecamatan Kota Waingapu, Jumat (10/8/2018) siang.

Tampak dalam simulasi tersebut puluhan anggota Sat Pol PP menggunakan satu unit mobil pemadam kebakaran untuk berusaha memadamkan si jago merah yang sedang melahap ban bekas yang dibakar di depan komplek pasar tersebut dibantu oleh satu unit mobil tangki air dari bagian umum Sekertariat Daerah Kabupaten Sumba Timur juga turut memadamkan api.

Terlihat juga Kasat Pol PP Kabupaten Sumba Timur Yohanes Pama juga turut memantau langsung kegiatan simulasi pemadaman kebakaran itu.

Yohanes Pama kepada Wartawan menjelaskan, simulasi tersebut adalah bagian kelanjutan dari latihan dasar dari petugas pemadam kebakaran dari Sat Pol PP.

Kata dia, Simulasi ini perlu dilakukan sebab untuk mengenal peralatan-peralatan pemadam kebakaran yang perlu dibekali sehingga petugas ada kesiap siagaan.

Selain itu, selama ini ada fasilitas untuk pemadaman kebakaran yang selama ini tidak pernah digunakan, sehingga untuk dbisa digunakan peralatan tersebut maka dilakukan pelatihan simulasi tersebut.

"Jadi sejak terbentuk jadi dimana Pemadam Kebakaran bergabung ke Sat Pol PP pada tahun 2017 peralatan Damkar ini tidak pernah digunakan dan tidak pernah ada pelatihan"ungkap Pama.

Pama mengatakan, untuk itu, pihaknya bekerja sama dengan PT.Sky Marapu Papoea untuk memberikan pelatihan selama dua hari terutama pengenalan terhadap alat-alat Damkar.

Direktur utama PT.Sky Marapu Papoea Alan Waromi juga mengatakan pihaknya dipercayakan mempersiapkan personil Damkar Pol PP.

Kata Alan yang didampingi Chief Financial Officer PT.Sky Marapu Papoea Fariyantin Ludji, dengan seluruh peralatan yang ada dan juga personil yang ada maka mereka harus bisa mempersiapkan diri jika dalam kondisi darurat.

"Untu instalisasi alat Pemadam Kebakaran di pasar dipasang sejak tahun 2014, tapi bukan kami yang pasang. Baru hari ini dilakukan pengetesan langsung oleh tim Damkar dan sungguh luar biasa dalam waktu dua hari mereka sudah bisa memeriksa secara detail seluruh instalasi yang ada,"jelas Alan. (*)

Penulis: Robert Ropo
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help